Selasa, 29 Des 2020 07:00 WIB

5 Manfaat Bola Voli, Olahraganya Atlet Cantik Sabina Altynbekova

Kanya Anindita - detikHealth
Instagram/altynbekova_20 Sabina, atlet bola voli yang sempat viral karena kecantikannya (Foto: Instagram/altynbekova_20)
Jakarta -

Bola voli tergolong sebagai salah satu olahraga yang digemari banyak orang dan mudah dilakukan. Permainan ini hanya memerlukan bola besar dan jaring/net sebagai peralatannya. Satu tim berisikan 6 orang pemain.

Salah satu atlet voli yang terkenal adalah Sabina Altynbekovas. Wanita asal Kazakhstan ini menjadi perbincangan hangat beberapa waktu lalu karena kecantikannya, dan belakangan kembali jadi buah bibir karena sudah mengakhiri masa lajangnya.

Berikut 5 manfaat olahraga bola voli dikutip dari berbagai sumber:

1. Efektif membakar kalori

Bermain bola voli dapat memengaruhi jumlah lemak tubuh dan rasio otot secara keseluruhan. Bermain voli selama 45 menit ternyata membakar 585 kalori dan menurunkan berat badan secara siginifikan.

Olahraga ini juga berpotensi menurunkan risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan diabetes.

Sabina AltynbekovaSabina Altynbekova dikabarkan mengakhiri masa lajang. Foto: Dok. Instagram @altynbekova_20

2. Meningkatkan kekuatan otot

Kegiatan fisik dalam bermain bola voli akan memperkuat tubuh bagian atas, lengan dan bahu, serta otot paha dan kaki bagian bawah. Bermain bola voli juga dapat mengencangkan dan memperkuat sistem kardiovaskular di jantung serta sistem pernapasan.

3. Memengaruhi metabolisme tubuh

Olahraga voli memengaruhi laju metabolisme tubuh dan meningkatkan koordinasi tangan dan mata agar terjadi refleks gerak yang cepat. Sama seperti jenis aktivitas fisik lainnya, bola voli dapat meningkatkan kesehatan mental serta kesehatan tulang dan persendian.

Sabina AltynbekovaAtlet bola voli Sabina Altynbekova jadi buah bibir karena kecantikannya. Foto: Instagram

4. Meningkatkan mood

Keberhasilan dalam bermain bola voli dapat meningkatkan suasana hati yang baik serta mengurangi tingkat stres. Kerja sama dalam sebuah tim juga meningkatkan rasa percaya diri untuk terus berusaha melakukan yang terbaik.

5. Melatih fisik lebih kuat

Energi yang dikeluarkan saat olahraga bola voli sama halnya saat kita sedang jogging. Bermain vola voli selama 20 menit sama dengan jogging sejauh 1,6 km.



Simak Video "Kenapa Atlet Bisa Kena Serangan Jantung?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)