Senin, 11 Jan 2021 14:05 WIB

Menko Airlangga: Bersepeda Tak Dilarang, Kerumunannya yang Tak Boleh

Ayunda Septiani - detikHealth
Pemprov DKI Jakarta meniadakan pelaksanaan 32 kawasan khusus pesepeda mulai hari ini. Hal itu dilakukan karena masih ada warga yang tak patuh protokol kesehatan (Foto ilustrasi: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengingatkan untuk selalu disiplin menerapkan protokol pencegahan COVID-19. Termasuk saat bersepeda, menurutnya boleh-boleh saja selama membatasi diri untuk tidak berkerumun.

"Jadi kalau olahraganya tidak dilarang, misalnya bersepeda itu tidak dilarang, tapi saat selesai bersepeda kerumunannya yang dilarang, demikian pula dengan kegiatan-kegiatan olahraga yang juga harus waspadai adalah berkumpulnya," jelas Airlangga dalam konferensi pers daring, Senin (11/1/2021).

Selain mengingatkan untuk tidak berkumpul sebelum maupun setelah olahraga, Menteri Airlangga juga mengingatkan bahwa kapasitas tempat tempat makan dan minum dibatasi 25 persen.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin meyakini vaksinasi COVID-19 akan bisa dimulai sesuai rencana yakni pada Rabu (13/1/2021). Ia juga menyampaikan Presiden Joko Widodo akan jadi orang pertama yang menerima dosis vaksin COVID-19.

"Insya Allah Bapak-Ibu, kita akan mulai (vaksinasi-red) di hari Rabu dan akan dimulai dengan Bapak Presiden," katanya dalam konferensi pers daring, Senin (11/1/2021).

Menkes juga menyinggung soal kabar baik dari MUI bahwa vaksin COVID-19 Sinovac telah teruji kehalalannya. Hanya saja pemerintah masih menunggu kabar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk izin persetujuan penggunaan darurat.



Simak Video "RI Mirip Seperti Amerika soal COVID-19, Ini Saran Dr Faheem Younus"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/up)