Minggu, 24 Jan 2021 07:00 WIB

5 Olahraga Terbaik yang Efektif Turunkan Berat Badan

Farah Nabila - detikHealth
Fitness girl running on treadmill. Woman with muscular legs in gym Olahraga terbaik untuk menurunkan berat badan (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Olahraga teratur bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Ini menjadi sangat penting saat seseorang sedang berusaha mencapai atau mempertahankan berat badan yang ideal.

Biasanya, penurunan berat badan terjadi ketika orang meningkatkan aktivitas fisik dan mengurangi jumlah kalori yang mereka konsumsi. Namun, ada beberapa jenis olahraga yang disebut lebih efektif untuk menurunkan berat badan.

Dikutip dari Medical News Today, berikut 5 jenis olahraga terbaik yang efektif menurunkan berat badan.

1. Lari

Lari adalah salah satu bentuk olahraga kardiovaskular, atau kardio. Berlari menyebabkan jantung dan paru-paru bekerja lebih keras. Kerja ekstra ini menyebabkan tubuh membakar energi yang telah disimpannya di seluruh tubuh, seperti dalam sel lemak.

Saat berlari, kita dapat dengan mudah untuk mengubah intensitas atau durasi latihan untuk meningkatkan manfaatnya. Misalnya, seseorang dapat memulai dengan lari 10 menit sebelum membangun jangka waktu atau jarak yang lebih jauh. Mereka juga bisa membuat latihan lebih intens dengan berlari lebih cepat atau miring.

2. Bersepeda

Bersepeda adalah salah satu bentuk latihan kardio yang efektif untuk menurunkan berat badan. Bersepeda umumnya lebih intens daripada hanya berjalan, karena membutuhkan tenaga tambahan dari kaki untuk menjaga pedal tetap bergerak.

3. Latihan ketahanan

Latihan ketahanan meliputi aktivitas seperti latihan beban. Latihan ketahanan dapat memperbaiki komposisi tubuh dengan meningkatkan ukuran dan kepadatan otot di sekitar tubuh. Itu juga dapat meningkatkan laju metabolisme istirahat.

Tingkat metabolisme istirahat adalah berapa banyak kalori yang dibakar tubuh saat istirahat. Genetika dan usia adalah faktor yang memiliki pengaruh signifikan terhadap laju metabolisme istirahat.

4. Renang

Berenang adalah cara terbaik untuk menurunkan berat badan dengan risiko cedera yang rendah. Berenang pada dasarnya adalah salah satu bentuk latihan kardio, tetapi ada juga ketahanan alami dari air.

Berenang cocok untuk orang-orang dari segala usia, dan ini adalah olahraga yang dapat dilakukan dengan santai atau penuh semangat. Penelitian menunjukkan bahwa ini bisa menjadi salah satu bentuk olahraga terbaik untuk membakar kalori.

5. High-intensity interval training (HIIT)

HIIT merupakan olahraga yang disebut sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Ini adalah jenis latihan yang melibatkan siklus aktivitas singkat dan intensitas tinggi. Biasanya ada periode pemulihan singkat di antara latihan.

Sebuah review tahun 2019 di British Journal of Sports Medicine menemukan bahwa HIIT setidaknya sama efektifnya dengan bentuk olahraga tradisional untuk menghilangkan lemak. Bentuk olahraga tradisional mungkin termasuk berlari selama 30 menit.



Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)