Rabu, 03 Feb 2021 05:58 WIB

Viral Aerobik 'Bang Jago' di Tengah Kudeta Militer, Asli atau Editan Sih?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Jakarta -

Seorang wanita viral gara-gara videonya saat asyik senam aerobik di tengah kudeta militer di Myanmar. Pandangan netizen lagi-lagi terbelah, ada yang meyakini video tersebut asli tetapi tak sedikit yang menyoroti bayangan yang terputus.

Bayangan wanita yang belakangan diyakini bernama Khing Hnin Wai ini dalam video yang viral tampak tidak utuh. Di karpet merah tempatnya senam aerobik, bayangannya hanya sampai area pinggang, sehingga ada yang menduga video ini sebenarnya diambil di depan greenscreen.

viral aerobikBayangan yang terputus memicu perdebatan. Asli atau editan? Foto: Tangkapan layar

Netizen yang lain tidak puas dengan dugaan tersebut, lalu ramai-ramai melacak lokasi tersebut. Hasilnya, diyakini video tersebut diambil di sebuah bundaran di jalan Yaza Htarni, tak jauh dari gedung parlemen.

Beberapa foto yang menggambarkan lokasi tersebut dengan lebih detail memastikan ada anak tangga di setiap sisi bundaran, dan menjelaskan kenapa bayangan Khing Hnin Wai tampak terputus.

viral bang jagoDiyakini, lokasi ini jadi tempat senam aerobik yang viral. Foto: Tangkapan layar

Penelusuran berlanjut ke media sosial Khing Hnin Wai. Dalam profilnya, wanita ini mendeskripsikan dirinya sebagai guru olahraga dan bekerja di kementerian pendidikan.

Dalam unggahan terakhirnya, Khing Hnin Wai menjelaskan bahwa dirinya memang sering senam aerobik di tempat itu. Ia juga mengunggah beberapa video lain yang diambilnya saat senam aerobik di tempat yang sama.

Khususnya di Indonesia, musik yang mengiringi Khing Hnin Wai dalam video ini juga tak luput dari perhatian. Iramanya tidak asing lagi karena sempat viral di TikTok. Tak lain, lagu yang diperdengarkan adalah "Ampun Bang Jago" ciptaan musisi Manado, Jonathan Dorongpangalo (Tian Storm) dan Everly Salikara (Everslkr).

Jadi, sebenarnya video ini asli atau editan?

(up/up)