Sabtu, 06 Feb 2021 12:30 WIB

ROUND-UP

Asyik Aerobik di Tengah Kudeta Militer, Lagunya 'Ampun Bang Jago'

Vidya Pinandhita - detikHealth
Jakarta -

Baru-baru ini, lagu 'Ampun Bang Jago' booming lagi gara-gara jadi musik aerobik di tengah kudeta militer Myanmar. Lantaran dinilai terlalu banyak mengandung hal absurd, video ini booming dalam sekejap. Tak ketinggalan, Ampun Bang Jago jadi ikut mendunia.

Lagu Ampun Bang Jago awalnya booming karena jadi musik Tiktok. Ritme yang catchy ditambah lirik yang menyindir membuat istilah Bang Jago jadi panggilan untuk mereka yang selalu berada 'di atas'.

Pencipta sekaligus pelantun Ampun Bang Jago Jonathan Doronhapalo alias Tian Storm berbagi cerita di balik karyanya.

"Lagu Ampun Bang Jago ingin menginspirasi kita yang sering dijatuhi oleh orang lain di atas kita untuk terus berkarya, terus maju, nggak usah dipikirkan. Sambil percaya akan ada saatnya kita yang di atas mereka," terang Tian Strom pada detikcom, Rabu (3/2/2021).

Dengan spirit tersebut, Tian Strom sebenarnya tak kaget lagi lagunya dijadikan musik aerobik. Pasalnya, lagu bergenre "disko tanah" tersebut memang banyak digunakan sebagai musik zumba. Walaupun, konsep disko tanah awalnya adalah musik untuk tarian dan pesta ala daerah asal Tian Storm, yakni Sulawesi Utara.

Yang membuatnya kaget adalah lagunya yang mendadak famous di kancah dunia. Bahkan, lagunya ikut disebut dalam sejumlah media berita Asia.

Tentu, hal tersebut memberi semangat besar bagi Tian Storm. Baginya, adalah kebanggaan jika musik ala daerahnya didengar warga dunia.

"Pengennya sih disko tanah bisa lebih dikenal banyak orang lagi di dunia. Tentu dengan semangat untuk menciptakan karya-karya lagi," kata Tian Storm.

Dilansir Daily Mail, penelitian oleh psikolog olahraga Dr Costas Karageorghis menyatakan bahwa lagu dengan nuansa masa muda efektif membangkitkan semangat saat olahraga. Sebab, lagu ini mengingatkan orang tentang masa remaja, spirit, kebugaran, dan rasa awet muda.

Tak heran, spirit berkarya yang dikisahkan Tian Strom lewat Ampun Bang Jago membuat lagunya booming jadi lagu aerobik.

Lalu siapakah wanita Myanmar yang viral gara-gara aerobik dengan lagu 'Ampun Bang Jago' di tengah kudeta militer? Simak halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2