Jumat, 05 Feb 2021 05:50 WIB

Kenapa 'Ampun Bang Jago' Asyik Banget untuk Aerobik? Ini Penjelasannya

Ayunda Septiani - detikHealth
Sport woman happy enjoy with wireless music headphone urban outdoors background. Kenapa musik tertentu cocok banget untuk olahraga? (Foto: Getty Images/iStockphoto/coffeekai)
Jakarta -

Viral lagi gara-gara dipakai untuk aerobik oleh seorang wanita Myanmar, lagu "Ampun Bang Jago" ternyata memang dibuat dengan beat yang memang cocok untuk olahraga. Jonathan Dorongpangalo alias Tian Storm, salah seorang penciptanya, menyebut jenis musik ini sebagai aliran "disko tanah".

"Disko tanah memang belakangan ini sudah biasa dipakai untuk tarian-tarian, zumba, aerobik, dan lain-lain," kata Tian saat dihubungi detikcom baru-baru ini.

Kehadiran musik dalam sesi latihan tidak hanya membuat olahraga terasa lebih asyik. Secara ilmiah, beat musik yang tepat ternyata terbukti membantu meningkatkan performa saat berolahraga.

Tapi tentunya tidak sebarang lagu cocok untuk olahraga. Seorang psikolog olahraga dari London menemukan bahwa genre musik tertentu cocok untuk jenis latihan tertentu.

Misalnya, mereka menemukan genre musik rap bisa memberikan ketukan terbaik per menit untuk peregangan dan lari, sedangkan musik dansa lebih pas untuk latihan otot.

Musik bergenre pop, bisa digunakan selama pemanasan sebelum olahraga dan pendinginan. Namun, musik rock malah harus hindari karena temponya sering berubah-berubah dan hal itu dapat mempengaruhi ritme latihanmu.

Dikutip dari laman Daily Mail, penelitian tersebut dilakukan oleh psikolog olahraga Dr Costas Karageorghis, Music in Exercise and Sport Group di Brunel University di London dan Spotify, menganalisis 6,7 juta daftar putar di Spotify dengan judul 'workout' dan membandingkan ketukan yang berbeda per menit (bpm) dengan yang digunakan dalam latihan tertentu.

Misalnya, kecepatan langkah seseorang saat joging atau lari adalah 150 hingga 190 langkah per menit. Jika angka ini dibagi dua, maka akan menghasilkan kisaran 75 hingga 95 bpm, kisaran ketukan yang paling umum ditemukan dalam musik urban, terutama rap.

Peneliti menambahkan, banyak lirik dalam musik rap juga membantu kamu untuk berlari. Sedangkan untuk musik pop, cocok untuk latihan yang lebih lambat dan berulang, termasuk pemanasan dan pendinginan aerobik karena banyak lagu pop memiliki pola ritme dan ketukan yang teratur.

Musik dansa ternyata paling pas untuk latihan kekuatan dan beban karena cepat, ritmis, bass nya membangkitkan semangat orang sebelum sesi latihan beban.

Dr Karageorghis juga mengatakan bahwa untuk membangkitkan semangat saat olahraga yaitu dengan menggunakan lagu yang mengingatkan mereka pada masa remaja dan awal masa dewasa agar mereka merasa awet muda dan bugar.

"Daftar lagu yang sesuai dapat membantu mengurangi kelelahan saat berolahraga, seperti sesak napas dan jantung berdebar-debar," jelasnya.

"Ini berarti, saat tubuh memberikan sinyal untuk berhenti, musik di sini memberikan peran untuk mengangkat suasana hari kamu," tambahnya.

Pelatih Joey Gonzalez menambahkan, selama latihan, baik itu latihan kekuatan otot atau interval kardio berbasis treadmill, ia mencoba menyesuaikan lari dan latihan kami dengan irama musik.

"Misalnya, mengatur waktu sprint treadmill ke paduan suara trek dengan hook yang bagus, atau memainkan lagu yang lebih lambat dengan bass untuk incline jogs, dan bahkan mencocokkan ketukan konsisten yang stabil untuk lari dengan ketahanan yang lama adalah bagian dari strategi kami," jelasnya.

Sedangkan untuk musik rock sebaiknya dihindari selama latihan kardio dan latihan intensitas tinggi karena perubahan tempo yang berbeda dapat mempengaruhi ritme seseorang.

Berdasarkan temuan tersebut, para peneliti telah menyusun playlist dengan saran lagu untuk pendinginan, pemanasan aerobik, berbagai tingkat intensitas kardio, latihan kekuatan, dan pendinginan.

Judul laguPenyanyiTempoGenreJenis Olahraga
RoarKaty Perry92Pop/RockPemanasan
Talk DirtyJason Derulo100RnBStreching
Skip to the Good BeatRizzle Kicks105Hiphop/RaoStreching
Get LuckyDaft Punk ft Pharrel William116Disco/FunkPemanasan Aerobik
MoveLittle Mix120PopPemanasan Aerobik
Need U 100%Duke Dumont124HouseKardio (Intensitas Rendah)
You Make MeAvicii125HouseKardio (Intensitas Rendah)
TimberPitbull ft Ke$ha130PopKardio (Intensitas Sedang)
ApplauseLady Gaga140PopKardio (Intensitas Tinggi)
Can't Hold UsMacklemore & Ryan Lewis ft. Ray Dalton147Hip Hop/RapKardio (Intensitas Tinggi)
HappyPharrell Williams160PopKardio (Intensitas Sangat Tinggi)
The MonsterEminem ft Rihanna110Hip Hop/RapLatihan Otot
Love Me AgainJohn Newman126PopLatihan Otot
It's My PartyJessie J130Dance/PopLatihan Otot
BurnEllie Goulding86PopPendinginan
BurnLorde85PopPendinginan

Punya rekomendasi lagu asyik untuk olahraga? Share di komentar ya.



Simak Video "Ini Perbedaan Olahraga Aerobik dan Anaerobik"
[Gambas:Video 20detik]
(ayw/up)