Minggu, 28 Feb 2021 09:51 WIB

Bukan Dipijat! Begini Cara Tepat Tangani Cedera Saat Olahraga

Ardela Nabila - detikHealth
ilustrasi cedera olahraga Ilustrasi cedera (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Di masa pandemi COVID-19, banyak orang yang mulai menerapkan hidup sehat, salah satunya dengan berolahraga. Sejumlah jenis olahraga yang kerap dipilih oleh masyarakat adalah lari, bersepeda, aerobik, dan angkat beban.

Hanya saja, masyarakat sering kali mengabaikan protokol kesehatan selama melakukan olahraga tersebut, sehingga dapat meningkatkan risiko menularnya virus Corona. Sehingga, penting bagi semua orang untuk tetap menerapkan protokol kesehatan selama berolahraga.

Selain protokol kesehatan, melakukan beberapa persiapan yang tepat sebelum memutuskan untuk memulai olahraga juga sama pentingnya. Pasalnya, hal ini dapat mengurangi risiko tertentu selama olahraga berlangsung. Salah satu risiko yang kerap dialami oleh kebanyakan orang saat berolahraga adalah cedera.

Oleh sebab itu, penting bagi masyarakat untuk memiliki pengetahuan mengenai cara penanganan cedera yang baik saat berolahraga. Dokter Spesialis Bedah Ortopedi Konsultan Sports Injury dan Arthroskopi di Rumah Sakit Pondok Indah, dr Andi Nusawarta, M Kes, Sp OT (K), mengatakan bahwa cedera olahraga sering kali terjadi jika seseorang melakukan olahraga secara berlebihan.

"Cedera olahraga terjadi karena overused atau trauma yang terjadi. Jadi, overused itu gerakan berulang terlalu banyak dan terlalu cepat. Nah, sedangkan trauma itu terjadi karena benturan atau gerak yang melebihi kemampuan," ujar dokter Andi dalam acara Virtual Media Discussion dengan tema Olahraga Lebih Optimal Bebas Cedera pada Jumat (26/2/2021).

Umumnya, cedera saat olahraga terjadi pada otot dan sendi lantaran seseorang tidak melakukan pemanasan dan pendinginan yang tidak memadai atau tidak cukup. Selain itu, cedera juga bisa terjadi jika durasi, frekuensi, serta jenis olahraga tidak sesuai.

Lalu, bagaimana cara mengatasi cedera yang benar saat olahraga menurut dokter Andi?

1. Proteksi

Jika terjadi cedera pada saat berolahraga, kamu harus langsung menghentikan olahraga dan meminta bantuan orang di sekitarmu untuk dibawa ke tempat yang lebih aman. Hal ini penting dilakukan agar tidak terjadi cedera tambahan serta cedera berkelanjutan.

Selain itu, kamu juga harus mengistirahatkan bagian tubuh yang cedera tersebut. Dokter Andi menghimbau untuk tidak kembali melanjutkan olahraga jika mengalami cedera.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Cedera Saat Olahraga? Begini Cara Tepat Menanganinya"
[Gambas:Video 20detik]