Jumat, 02 Apr 2021 05:57 WIB

Makan Sebelum dan Sesudah Olahraga, Mana yang Lebih Baik?

Ardela Nabila - detikHealth
Shenzhen, ?hina - December 7, 2014: Five medical support people help  injured unidentified marathon runner  on the street,one runner running on the distance,shenzhen city,guangdong province,china Olahraga dulu atau sarapan dulu? (Foto: iStock)
Jakarta -

Nutrisi dan olahraga merupakan dua faktor paling penting terhadap kesehatan tubuh. Keduanya pun dapat saling mempengaruhi satu sama lain.

Mengonsumsi makanan bernutrisi dapat membantu tubuh menjadi kuat saat berolahraga. Lalu, yang sering kali menjadi pertanyaan banyak orang adalah mengenai waktu makan yang tepat agar kuat saat berolahraga, apakah sebelum berolahraga atau sesudahnya.

Dikutip dari Healthline, sejumlah studi telah menunjukkan bahwa respons tubuh saat berolahraga dapat berbeda-beda, tergantung apakah kamu sudah atau belum makan sebelum berolahraga.

Berolahraga saat perut kosong dipercaya dapat lebih mudah membantu penurunan berat badan. Namun, makan sebelum berolahraga dapat memberikan tubuh lebih banyak energi untuk meningkatkan performa saat olahraga.

Mana yang lebih baik, makan sebelum atau sesudah olahraga?

Jenis aktivitas dan olahraga yang dipilih dapat menentukan apakah kamu harus makan terlebih dahulu sebelum berolahraga. Jika kamu berolahraga dengan intensitas rendah, seperti berjalan, golf, dan yoga, kamu mungkin tidak perlu makan sebelum olahraga.

Namun, kamu harus selalu makan sebelum melakukan olahraga yang membutuhkan banyak tenaga, energi dan daya tahan, seperti saat kamu bermain tenis, lari, dan berenang. Apalagi, jika kamu berencana untuk melakukannya lebih dari satu jam.

Saat melakukan olahraga berat, penting bagi kamu untuk menjaga tingkat gula darah agar tetap berstamina dengan makan terlebih dahulu. Selain itu, makan sebelum olahraga juga dapat membantu menghindari penggunaan energi yang tersimpan dalam otot, sehingga kamu juga bisa sekaligus membentuk otot.

Kapan waktu yang tepat untuk makan sebelum olahraga?

Waktu makan sebelum berolahraga juga penting. Agar hasil olahraga lebih maksimal, kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak 2-3 jam sebelum memulai olahraga.

Namun, apabila kamu makan 45-60 menit sebelum berolahraga, maka kamu disarankan untuk memilih jenis makanan sederhana yang mudah dicerna dan mengandung tinggi karbohidrat serta protein. Hal ini akan mencegah terjadinya rasa tidak nyaman pada perut selama berolahraga.



Simak Video "Penyintas Covid-19 Disarankan Tak Lakukan Olahraga Anaerobik "
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
dMentor
×
Franchise Bisnis Kecantikan hingga Pelosok Daerah
Franchise Bisnis Kecantikan hingga Pelosok Daerah Selengkapnya