Minggu, 06 Jun 2021 11:16 WIB

Celana Anak Road Bike Ketat Banget, Perlu Pakai Daleman Nggak Sih?

Ardela Nabila - detikHealth
Road bike cyclist man cycling, athlete on a race cycle Celana bersepeda perlu dirangkap celana dalam nggak sih? (Foto: Getty Images/iStockphoto)
Jakarta -

Celana khusus bersepeda memang didesain memiliki model yang cukup ketat. Sering kali, hal ini membuat para pemula, khususnya pria, merasa dilematis. Sebetulnya, perlu tidak sih memakai celana dalam saat memakai celana bersepeda?

Seharusnya, celana bersepeda memang tidak perlu dirangkap dengan celana dalam. Hanya saja, tidak sedikit pria yang merasa risih dengan saran tersebut. Di sisi lain, merangkap celana bersepeda dengan celana dalam bisa berisiko menyebabkan lecet atau blister, apalagi jika dipakai bersepeda jarak jauh.

Selain itu, rasa tebal dan mengganjal akan membuat pria merasa tidak nyaman selama bersepeda. Lalu, bagaimana dengan yang merasa lebih nyaman merangkap celana dalam dengan celana bersepeda? Apakah berbahaya bagi kelembapan area panggul dan kemaluan?

Menurut ahli urologi Dr dr Dwi Iswanto, SpU, terdapat tiga hal penting terkait keamanan sepeda bagi organ intim pria, yakni pakaian sepeda, sadel, serta durasi bersepeda.

"Sebetulnya kalau pakai celana ketat atau celana khusus sepeda itu untuk memisahkan antara sadel, terus testis supaya agak sedikit terangkat," ujar dr Dwi beberapa waktu lalu.

"Kan biasanya tidak pakai celana dalam, tetapi kalau untuk pakai celana dalam ya sebenarnya tidak ada masalah," lanjutnya.

Bagi pesepeda yang merasa lebih nyaman merangkap celana dalam dengan celana bersepeda, maka tidak tidak perlu khawatir. Sebab, tidak ada risiko atau dampak buruknya. Akan tetapi, artinya harus lebih merawat area kebersihan organ intim.

"Bersihkan seperti biasa ya pada umumnya, mengganti celana rutin, membersihkan organ intim, ya umum saja seperti itu," tuturnya.

Jadi, pilih dirangkap pakai celana dalam atau tanpa celana dalam?



Simak Video "KuTips: Tips Bersepeda di Jalan Raya yang Perlu Kamu Tahu! "
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)