Selasa, 15 Jun 2021 06:00 WIB

3 Cara Menyembuhkan Pilek dengan Cepat dan Mudah

Destria - detikHealth
Woman is sick. Husband is worried. Foto: Getty Images/iStockphoto/Photodjo
Jakarta -

Pilek merupakan suatu penyakit yang umum di masyarakat. Karenanya, penting sekali untuk mengetahui cara menyembuhkan pilek dengan mudah.

Di kondisi pandemi seperti saat ini, penyakit pilek sering disangkut-pautkan dengan penyakit akibat virus Corona, karena gejala yang ditimbulkan akibat penyakit pilek dan virus Corona ini hampir sama, yaitu menyerang pernapasan.

Sangat penting untung tetap menjaga kesehatan apalagi di kondisi pandemi seperti sekarang. Adapun berbagai cara menyembuhkan pilek apabila sakit yang diderita tidak kunjung sembuh atau semakin parah.

Gejala yang ditimbulkan akibat penyakit pilek ini relatif lebih ringan. jika telah merasa adanya gejala yang dirasakan, seperti hidung meler atau hidung tersumbat, bersin, pegal-pegal, demam ringan dan kelelahan, maka penyakit pilek ini harus segera ditangani.

Dikutip dari Healthline.com, Senin (14/6/2021), ada 3 cara menyembuhkan pilek dengan mudah:

1. Menggunakan obat yang dijual bebas

Apabila terdapat gejala yang dirasakan akibat adanya penyakit pilek, segera obati dengan mengunjungi apoteker untuk bertanya mengenai obat yang cocok dengan riwayat medis atau gejala yang dialami. Biasanya apoteker akan menunjukkan jenis obat apa yang sesuai dengan gejala yang dirasakan.

Minum obat di awal siklus virus, dapat membantu mengurangi keparahan penyakit dan mempersingkat waktu sakit.

2. Tetap terhidrasi

Penyakit pilek ini membuat sistem kekebalan tubuh menurun, oleh sebab itu penderita harus tetap terhidrasi dengan banyak minum air putih dan mengonsumsi makanan yang bernutrisi, agar sistem kekebalan tubuhnya menjadi lebih kuat.

3. Banyak istirahat

Penting untuk banyak istirahat dan tetap di rumah. Ini merupakan upaya untuk menghindari kontak dengan orang lain saat pertama kali merasakan gejala. Cara menyembuhkan pilek ini dilakukan untuk tidak menyebarkan virus kepada orang lain dan menghindari tubuh dari kelelahan.



Simak Video "Daftar Provinsi yang Masuk Zona PPKM Level 4"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)