Rabu, 23 Jun 2021 06:00 WIB

4 Tips Menyehatkan Paru-paru, Olahraga hingga Latihan Pernapasan

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Girl looks at her smartphone Latihan perapasan untuk menjaga kesehatan paru-paru (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Paru-paru memiliki fungsi yang sangat vital dalam menyediakan oksigen ke seluruh tubuh. Namun, organ ini cukup rawan mengalami berbagai masalah kesehatan.

Fungsi paru-paru cenderung akan menurun seiring bertambahnya usia. Misalnya, otot diafragma semakin melemah, kemudian elastisitas jaringan di paru-paru juga akan berkurang.

Apabila paru-paru mengalami gangguan, proses pernapasan pun akan menjadi terhambat sehingga suplai oksigen ke seluruh tubuh menjadi terganggu dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Oleh karena itu, ada beberapa tips yang bisa kamu coba untuk menyehatkan paru-paru, di antaranya sebagai berikut, seperti dikutip dari Healthline.

1. Latihan pernapasan

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan melatih pernapasan. Kamu dapat mengambil napas dalam-dalam melalui hidung, kemudian keluarkan secara perlahan lewat mulut.

Kemanjuran latihan pernapasan ini pun telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang telah diterbitkan dalam Indian Journal of Physiology and Pharmacology. Sebanyak 12 sukarelawan dalam penelitian itu melakukan latihan pernapasan selama 2, 5 , dan 10 menit.

Hasilnya, melakukan latihan pernapasan dalam beberapa menit dapat meningkatkan fungsi pada paru-paru.

Berikut langkah-langkah latihan pernapasan.

  • Duduklah di suatu tempat yang tenang dan nyaman
  • Tarik napas secara perlahan-lahan melalui hidung (hitung 1-2-3-4)
  • Kemudian hembuskan napas secara perlahan melalui hidung (hitung 1-2-3-4-5-6-7-8).

2. Jangan merokok

Kebiasaan merokok dapat menyebabkan berbagai macam penyakit pada paru-paru. Beberapa di antaranya adalah asma, PPOK, dan kanker paru.

Setiap kali kamu merokok, ribuan bahan kimia akan masuk ke dalam paru-paru, termasuk nikotin, karbon monoksida, dan tar. Racun ini dapat meningkatkan lendir serta merusak jaringan di paru-paru, sehingga kamu akan menjadi lebih sulit untuk bernapas.

3. Berolahraga

Selain menghindari rokok, berolahraga secara teratur juga sangat penting untuk kesehatan paru-paru. Ketika berolahraga, paru-paru akan bekerja keras untuk memasok oksigen ke seluruh tubuh, sambil mengeluarkan karbon dioksida ke luar tubuh.

Dengan begitu, paru-paru akan menjadi lebih kuat dan sehat. Meski pada akhirnya kamu akan terkena penyakit paru-paru, namun olahraga dapat membantu memperlambat penyakit tersebut untuk berkembang.

4. Hindari polusi udara

Sama halnya seperti asap rokok, paparan polusi udara juga dapat merusak paru-paru. Kamu bisa melakukan beberapa langkah ini untuk menghindari paparan polusi udara, baik di dalam rumah maupun di luar rumah.

  • Jadikan rumah sebagai zona bebas rokok
  • Bersihkan perabotan rumah setidaknya seminggu sekali
  • Buka jendela sesering agar sirkulasi udara di dalam rumah tetap terjaga
  • Hindari berolahraga di dekat lalu lintas yang padat
  • Menggunakan masker ketika beraktivitas di luar rumah.

Lakukanlah beberapa tips di atas agar kesehatan paru-paru kamu tetap terjaga dengan baik. Apabila kamu memiliki cara lain untuk menyehatkan paru-paru, share di komentar ya.



Simak Video "Perbandingan Paru-paru Pasien COVID-19 yang Divaksin dan Belum"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/up)