Kamis, 12 Agu 2021 10:08 WIB

Di Lapangan Sih Messi Juara, Tapi Soal Makan Pernah 'Offside' Parah

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Lionel Messi holds his jersey after a press conference Wednesday, Aug. 11, 2021 at the Parc des Princes stadium in Paris. Lionel Messi said hes been enjoying his time in Paris since the first minute after he signed his Paris Saint-Germain contract on Tuesday night. The 34-year-old Argentina star signed a two-year deal with the option for a third season after leaving Barcelona. (AP Photo/Francois Mori) Lionel Messi. (Foto: Francois Mori/AP)
Jakarta -

Mega bintang sepak bola asal Argentina, Lionel Messi, kini bergabung dengan tim Paris Saint-Germain (PSG). Ia meninggalkan klub yang dibelanya lebih dari 2 dekade, FC Barcelona, dengan penuh drama yang mengharu biru.

Latar belakang hidup pemenang Ballon D'or enam kali ini masih banyak tak terpublikasi. Salah satunya soal kebiasaan diet dan kondisi kesehatan yang ia alami.

Tentu saja, kalau soal talenta di lapangan, bakat Messi memang tidak pernah diragukan. Namun siapa sangka mantan pemain Barcelona ini pernah ketagihan junk food.

Saat debut pertamanya di November 2003, kebiasaan makannya ini diperhatikan oleh Pep Guardiola, mantan legenda klub Barcelona sekaligus manajer di tahun tersebut. Terlepas dari bakatnya, Guardiola menemukan bahwa kebiasaan makan Messi sangat tidak sehat untuk seorang pemain sepak bola.

Messi dilaporkan pernah menyela pembicaraan tim Guardiola untuk menanyakan apakah dia bisa segera mengambil minuman bersoda sementara ada juga laporan bahwa pelatih Barcelona harus mengeluarkan mesin penjual otomatis dari stadion karena terlalu dekat dengan ruang ganti.

Mantan pelatih Barcelona Carles Rexach juga mengatakan Messi telah makan lebih banyak pizza daripada yang seharusnya dikonsumsinya sebagai pemain muda, sementara dia juga dikatakan sangat menikmati Argentina Milanesa, fillet tipis daging sapi yang digoreng dengan remah roti.

Akibat pola makannya yang buruk dalam beberapa tahun ini, Messi pernah muntah saat berlaga. Dalam sebuah wawancara dengan La Conrisa TV, Messi membenarkan bahwa ia memiliki kebiasaan makan yang tidak sehat selama bertahun-tahun.

"Saya makan dengan buruk selama bertahun-tahun: coklat, minuman bersoda, dan semuanya. Inilah yang membuat saya muntah selama pertandingan. Sekarang saya menjaga diri saya lebih baik. Saya makan ikan, daging, salad. Semuanya diatur dan diurus," kata Messi.

Akhirnya di 2014, ia merombak pola makannya dengan bantuan ahli gizi Italia Giuliano Poser. Dalam sebuah wawancara dengan Independent, Poser mengungkapkan beberapa tips yang dia berikan kepada pemain terbaik dunia ini.

"[Gula] adalah hal terburuk untuk otot. Semakin jauh dia menjauh dari gula, semakin baik," katanya.



Simak Video "Tulang Radial Messi Patah, di Mana Letaknya? "
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)