Selasa, 17 Agu 2021 05:27 WIB

Sudah Bisa Olahraga Outdoor Meski PPKM Diperpanjang! Tapi Ada Syaratnya

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Area sekitar BKT ramai didatangi warga saat Minggu pagi. Selain berolahraga, tak sedikit warga yang datang untuk isi waktu di akhir pekan bersama keluarga Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Sudah bosan olahraga di rumah melulu? Kabar baik, pemerintah mulai mengizinkan olahraga di luar ruangan alias outdoor meski PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) masih diperpanjang.

Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, menyampaikan hal itu dalam konferensi pers PPKM, Senin (16/8/2021). Namun ia juga menegaskan, protokol ketat wajin diterapkan.

"Olahraga jenis outdoor yang dilakukan secara individu atau kelompok yang jumlahnya tidak lebih dari 4 orang dan tidak melibatkan kontak fisik akan diizinkan beroperasi dengan protokol kesehatan yang ketat," kata Luhut.

"Uji coba penerapan SOP ini menggunakan juga aplikasi PeduliLindungi pada 4 aglomerasi Jawa-Bali di PPKM level 4 dan kota-kabupaten dengan PPKM level 3," lanjutnya.

Luhut menegaskan, aturan tersebut akan diterapkan dengan tegas. Pelanggaran akan dikenai sanksi penutupan, berlaku juga untuk aktivitas lain seperti di pusat perbelanjaan maupun perusahaan-perusahaan yang menerapkan uji coba protokol kesehatan yang ketat.

"Kami akan menutup, saya ulangi, kami akan menutup bila ada yang melanggar ketentuan ini. Kami tidak ada kompromi mengenai ini, dan ini juga tanggung jawab pemilik untuk tidak membuat itu menjadi klaster baru," tegasnya.

Dalam sepekan terakhir, Luhut menilai ada sejumlah perkembangan positif terkait COVID-19. Di antaranya kasus konfirmasi positif hingga 15 Agustus 2021 turun 76 persen, dari periode sebelumnya yang hanya 59 persen.

Kasus aktif juga disebut mengalami penurunan sebesar 53 persen, kasus sembuh meningkat, dan kematian menurun.



Simak Video "Pertimbangan Epidemiolog soal Perlu Tidaknya PPKM Diperpanjang Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)