Minggu, 15 Agu 2021 06:00 WIB

Outdoor Sudah Boleh Lho, Tapi Amankah Olahraga Sehabis Vaksin COVID-19?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Olahraga Pakai Masker Foto: iStock
Jakarta -

Di DKI Jakarta, olahraga di luar ruangan sudah mulai diperbolehkan. Ngomong-ngomong, amankah melakukannya setelah baru saja mendapatkan vaksin COVID-19?

Pelonggaran aturan tentang olahraga di luar ruangan alias outdoor di DKI tertuang dalam Kepgub No 974 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4 Corona Virus Disease 2019. Olahraga outdoor hanya dibatasi maksimal sampai pukul 20.00 WIB.

Aturan sudah memperbolehkan. Pertimbangan berikutnya adalah, aman atau tidak melakukannya, terutama bagi yang baru saja mendapat vaksin COVID-19?

Ada beberapa hal yang perlu diperhitungkan untuk menjawab boleh tidak olahraga sehabis vaksin. Berikut rangkumannya.

1. Tidak boleh seketika itu juga

Pertimbangan pertama, berapa lama jeda waktu antara vaksinasi dengan olahraga? Kalau seketika itu juga, tentu tidak diperbolehkan. Petunjuk teknis vaksinasi mengharuskan seseorang menjalani observasi selama 30 menit di lokasi penyuntikan untuk mengantisipasi munculnya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

2. Perhatikan kemungkinan efek samping

Efek samping vaksinasi tidak selalu muncul dalam 30 menit masa observasi. Beberapa orang mengalaminya beberapa jam sesudahnya, atau bahkan keesokan harinya.

Umumnya berupa keluhan seperti pegal-pegal dan mengantuk, sementara beberapa yang lain mengalami demam ringan. Bila keluhan tersebut cukup mengganggu, maka disarankan untuk istirahat dan segera melapor bila keluhan tidak kunjung reda.

Namun jika tidak ada keluhan, atau keluhannya cukup ringan dan dirasa tidak mengganggu, olahraga ringan bagi beberapa orang justru membantu mempercepat pemulihan.


3. Prokes tanpa kompromi!

Berbagai riset membuktikan, vaksinasi tidak membuat seseorang 100 persen kebal infeksi. Penularan masih bisa terjadi pada seseorang yang sudah divaksinasi, meski lebih ringan dampaknya.

Terbentuknya efek perlindungan dari vaksinasi juga butuh waktu, tidak seketika. Karenanya, jangan pernah merasa kebal hanya karena sudah vaksinasi 1-2 hari sebelumnya.

Jika hendak olahraga di luar ruangan, pastikan tetap tidak berkerumun dan gunakan masker saat harus berinteraksi maupun berpapasan dengan orang lain.

Memangnya tidak repot, olahraga sambil bawa-bawa masker? Jangankan cuma bawa, beberapa atlet yang berlaga di Olimpiade Tokyo 2020 bahkan tetap memakai masker saat bertanding. Baca selengkapnya DI SINI.

4. Listen to your body!

Semboyan klise tetapi harus selalu diingat saat berolahraga adalah: listen to your body. Dengarkan tubuh sendiri. Jika dirasa tidak nyaman, tidak ada larangan untuk tidak olahraga sementara waktu.

Di manapun, istirahat atau rest adalah bagian tak terpisahkan dari olahraga.



Simak Video "Alasan WHO Akhirnya Luluh soal Vaksin Covid-19 Dosis Ketiga"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)