Rabu, 08 Sep 2021 12:05 WIB

Viral Trik Membuat Tangan Jadi Lebih 'Kekar' Berurat, Dokter Sebut Berbahaya

Firdaus Anwar - detikHealth
Viral trik instan tangan berurat. Foto: tangkapan layar/TikTok
Jakarta -

Di media sosial TikTok viral video yang menunjukkan trik bagaimana membuat tangan tampak kekar berurat secara instan. Orang-orang melakukannya dengan menekan lengan bagian atas dengan satu tangan, lalu mengayunkan lengan tersebut ke bawah untuk mengisinya dengan darah.

"Cukup pencet dengan kuat lalu ayunkan tangan ke bawah. Kencangkan otot-otot super kuat," kata salah satu pengguna TikTok yang videonya sudah mendapat lebih dari 18.000 like.

Dokter sekaligus influencer kesehatan Emeka Okorocha dari Emergency Medicine London berkomentar sebaiknya trik ini tidak diikuti. Menurutnya ada risiko bisa merusak pembuluh darah atau saraf.

"Meski tampak aman, menekan tangan seperti ini bisa berbahaya untuk pembuluh darah dan saraf Anda," kata dr Emeka seperti dikutip dari Men's Health, Rabu (8/9/2021).

"Dampaknya dapat berujung pada hilangnya massa otot, serta kerusakan dan gangguan pada aliran darah yang berujung komplikasi," lanjut dr Emeka.

Ada cara lain yang lebih aman bilang memang ingin membuat tangan tampak lebih kekar berurat. Para ahli menyarankan meningkatkan massa otot, mengurangi kadar lemak dalam tubuh, mengurangi asupan garam, dan lebih banyak minum air putih.



Simak Video "Penyintas Covid-19 Disarankan Tak Lakukan Olahraga Anaerobik "
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)