Jumat, 19 Nov 2021 05:30 WIB

Cerita Wamenkes yang Hobi Lari, Pernah Finish Boston Marathon

Akbar Malik - detikHealth
Wamenkes Dante Saksono Harbuwono menerima Vaksin COVID-19 Wamenkes dr Dante Saksono Harbuwono (Foto: Ayunda Septiani/detikHealth)
Jakarta -

Menjadi pejabat publik ternyata tidak menjadikan seorang wakil menteri kesehatan dr Dante Saksono Harbuwono, SpPD, PhD, KEMD, lupa akan kebiasaan berolahraga. Sebagai pakar diabetes, ia selalu menyempatkan diri olahraga sepadat apapun kegiatannya.

Wamenkes dr Dante diketahui memiliki hobi lari. Tidak hanya sekadar hobi, ia pun sering kali mengikuti event maraton, baik di luar negeri ataupun di Indonesia.

"Saya suka lari, ikut maraton di beberapa tempat. Saya sudah finish six major marathon," kata Wamenkes dr Dante bercerita di podcast Youtube Kementerian Kesehatan RI, Rabu (17/11/2021).

Mengutip Marathon Tours, six major marathon adalah seri maraton yang terdiri dari enam maraton terbesar dan paling terkenal di dunia. Keenam seri itu antara lain Tokyo Marathon, Boston Marathon, TCS London Marathon, BMW Berlin Marathon, Bank of America Chicago Marathon, dan TCS New York City Marathon.

Keenam seri tersebut terangkum dalam event yang bernama Abbott World Marathon Majors. Orang yang berhasil finis dalam event tersebut akan mendapatkan sertifikat dan medali finisher bintang enam.

Wamenkes dr Dante bercerita bahwa yang ia sukai dari hobi lari maraton adalah persiapannya, bukan pada saat event-nya.

"Kenapa saya suka lari dan marathon, yang saya suka bukan saat event-nya, tapi pada saat persiapannya. Pada saat persiapan butuh latihan, dan latihan itu ditempa disiplin, bagaimana mengatasi kebosanaan waktu kita lari empat jam," ujar Wamenkes dr Dante.

"Kemudian bagaimana latihan mulai bertahap, melakukan serangkaian strategi speed dan endurance, ada targetnya waktu olahraga ditentukan dari event yang kita ikuti," sambung dr Dante yang merupakan pakar diabetes molekular pertama di Indonesia.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Vaksinasi Tahap 3 Diharapkan Capai Target 1 Juta Suntik per Hari"
[Gambas:Video 20detik]