Rabu, 29 Des 2021 19:01 WIB

Updated

Tips Biar Nggak Jantungan Saat Nonton Final Piala AFF 2020!

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
Indonesia ke final Piala AFF 2020. Skuad Garuda melaju usai mengalahkan tuan rumah Singapura dengan skor 4-2 di semifinal leg kedua. Tips biar nggak jantungan saat nonton Final Piala AFF 2020. (Foto: AP/Suhaimi Abdullah)
Jakarta -

Final Piala AFF 2022 sudah diujung mata. Indonesia akan dipertemukan dengan Thailand setelah berhasil mengalahkan Singapura pada babak semifinal.

Pertandingan Leg 1 Indonesia vs Thailand akan digelar pada Rabu (29/12/2021)* dan Leg 2 dijadwalkan pada Sabtu (1/12/2021).

Perasaan deg-degkan sudah pasti muncul, tetapi bagi fans setia sepakbola tidak usah terlalu tegang pada saat menontonnya. Pasalnya, menurut sejumlah penelitian, menonton pertandingan sepak bola bisa meningkatkan risiko serangan jantung.

Lantas, bagaimana serangan jantung bisa terjadi ketika menonton sepak bola?

Dr Vito Damay SpJP, dokter RS Siloam Hospitals Lippo Village menjelaskan, serangan jantung dapat terjadi sewaktu-waktu ketika seseorang merasa tegang atau serius. Tekanan psikis ketika sedang tegang atau serius yang diperantarai oleh hormon adrenalin dan hormon stres lainnya, memicu detak jantung meningkat.

"Kerja jantung memang meningkat dan dirasakan sebagai berdebar atau deg-degkan bagi orang yang menyaksikan pertandingan sepak bola. Hal ini membuat kebutuhan jantung akan oksigen meningkat," jelas dr Vito saat dihubungi detikcom, Senin (27/12/2021).

Akibat kondisi tersebut, seseorang yang mengidap penyakit jantung entah disadari atau tidak, dapat memicu terjadinya serangan jantung.

Tips Cegah Serangan Jantung Saat Nonton Bola

Lebih lanjut dr Vito mengatakan, meminum kopi, soda, atau minuman berkafein lainnya yang biasa dikonsumsi saat menonton pertandingan sepak bola dapat meningkatkan detak jantung.

"Minum kopi, soda atau minuman berkafein lainnya saat sedang berdebar-debar menonton pertandingan piala AFF, ikut menaikkan detak jantung. Sehingga dapat meningkatkan detak jantung seseorang yang memiliki penyakit jantung," terang dr Vito.

Oleh sebab itu, minuman berkafein tidak dianjurkan untuk dikonsumsi saat menonton final pertandingan piala AFF 2022 nanti.

Sedangkan bagi orang-orang yang tidak memiliki riwayat penyakit jantung, diimbau untuk tetap tenang dan rileks saat menonton acara pertandingan tersebut.

"Menontonnya pun sebaiknya tenang saja dan rileks, tidak perlu dibawa perasaan baper, apalagi taruhan walaupun kecil-kecilan. Permainan dan pertandingan dibuat untuk menghibur bukan untuk bikin stres," imbau dr Vito.

)* Catatan: Koreksi pada penulisan tanggal.



Simak Video "Nocebo, Efek Samping yang Dirasakan Usai Vaksin Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(any/up)