Rabu, 29 Des 2021 20:18 WIB

Deg-degan Nonton Final Piala AFF, Bahaya Nggak Sih Buat Jantung?

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
SINGAPORE, SINGAPORE - DECEMBER 25: Pratama Arhan Alif Rifai #12 of Indonesia celebrates with teammates Irfan Samaling Kumi #25 and Hanis Saghara Putra #29 after scoring their second goal against Singapore during the second half of the second leg of their AFF Suzuki Cup semifinal at the National Stadium on December 25, 2021 in Singapore. (Photo by Yong Teck Lim/Getty Images) Ilustrasi final Piala AFF 2020 (Foto: Getty Images/Yong Teck Lim)
Jakarta -

Final Piala AFF 2020 antara Indonesia Vs Thailand berlangsung menegangkan. Baru menit-menit awal, gawang Timnas sudah harus kebobolan. Kalau deg-degan melulu, bahaya nggak sih buat jantung?

Deg-degan saat menonton pertandingan sepakbola sebenarnya adalah hal yang wajar, karena seseorang akan merasakan tegang atau terlalu serius. Kondisi ini memicu peningkatan detak jantung yang diperantarai hormon adrenalin dan hormon stres lainnya.

"Kondisi ini bisa membuat kebutuhan jantung akan oksigen meningkat. Ketika ada orang yang sudah punya penyakit jantung sebelumnya, entah disadari atau tidak, bisa memicu serangan jantung pada orang yang memiliki penyakit jantung koroner," terang dr Vito A Damay SpJP, dokter spesialis jantung RS Siloam Hospitals Lippo Village saat dihubungi detikcom, Senin (27/12/2021).

Dalam jurnal penelitian Canadian Journal of Cardiology mengungkapkan, denyut jantung manusia bisa meningkat 75 persen ketika menonton pertandingan sepakbola di televisi. Kondisi tersebut setara dengan stres jantung.

Mengutip Time, Senin (27/12/2021), penelitian lain menyebutkan bahwa menonton acara olahraga dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan kematian mendadak di kalangan penonton, terutama pada orang-orang yang memiliki penyakit jantung koroner.

Maka dari itu, dr Vito mengimbau bagi orang yang mempunyai penyakit jantung koroner dan sudah memiliki obat rutin, untuk teratur dalam minum obat guna mencegah serangan jantung.

"Saat menonton pun sebaiknya tenang saja dan rileks, tidak perlu dibawa perasaan baper apalagi taruhan walaupun kecil-kecilan. Permainan dan pertandingan dibuat untuk menghibur, bukan untuk bikin stres," ungkap dr Vito.



Simak Video "Kenali Gagal Jantung Sejak Dini, Apa Sih Penyebabnya?"
[Gambas:Video 20detik]
(any/up)