Kamis, 30 Des 2021 22:22 WIB

Salah Pola Makan dan Olahraga Juga Bikin Susah Tidur! Begini Mengatasinya

Vidya Pinandhita - detikHealth
Instruktur Fitness tengah mendampingi pengunjung Gym Butik F45 Senopati Salah olahraga juga bikin susah tidur lho (Foto: Rachman_punyaFOTO)
Jakarta -

Bagi beberapa orang, sulit tidur bukan perkara sepele. Selain sulit pulas meski sudah memejamkan mata larut malam, aktivitas sehari-hari menjadi terganggu. Rupanya, perkara tersebut bisa dipicu jam makan dan kurang olahraga. Lantas, bagaimana mengatasinya?

Head Coach di butik gym F45 Senopati North, Reza Burhan, menjelaskan setiap orang memiliki kebutuhan waktu tidur yang berbeda. Di samping itu, olahraga memiliki pengaruh amat kuat terhadap kualitas tidur.

"Biasanya untuk meningkatkan kualitas tidur, ada latihannya paling nggak sehari. Atau kalau kerjanya sudah cukup berat, itu bisa dihitung badannya sudah bekerja berat juga kan," terangnya saat ditemui detikcom di Senopati, Jakarta Selatan, Kamis (29/12/2021).

Bukan hanya olahraga, jam makan juga memengaruhi kualitas tidur. Jika waktu makan terlalu berdekatan dengan jam tidur, Reza menjelaskan, tubuh masih bekerja memproses di waktu seharusnya tidur. Walhasil, tidur pulas menjadi sulit tercapai.

"Kedua makan yang sejam atau dua jam sebelum tidur, jadi badannya nggak capek untuk proses makanan. Jadi dia fokus untuk deep sleep. Kalau masih proses makanan, apalagi sebelum tidur masih ngemil, itu yang kalau bisa dihindari. Apalagi yang gula tinggi, tergolong sulit untuk bisa pulas berkualitas tidurnya," beber Reza.

Bagaimana mengatasinya?

Menurut Reza, olahraga untuk memperbaiki kualitas tidur tak harus berat. Terlebih pada orang dengan kesibukan padat, menyempatkan olahraga ringan pada sore hari bisa meningkatkan kualitas tidur di malam hari.

Sebaliknya, ia tak menyarankan olahraga berat di sore hari. Sebab ia khawatir, hal tersebut malah membuat tubuh terlalu lelah, atau masih terbawa proses pasca olahraga tersebut.

"Kan ada banyak, di YouTube bisa dia latihan, itu yang bisa membantu banget untuk tidur pulas," kata Reza.

"Kalau dia ada setengah jam lah latihan olahraga-olahraga ringan. Kalau terlalu berat juga akhirnya sulit tidur, badannya masih panas, masih berproses," pungkasnya.



Simak Video "KuTips: Solusi Jitu Atasi Insomnia dan Overthinking"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)