Kamis, 20 Jan 2022 06:55 WIB

Legenda Sepakbola RI Ponaryo Astaman Berbagi Tips Biar Rajin Olahraga

Atilah Tia Abelta - detikHealth
Ponaryo Astaman pensiun Ponaryo Astaman (Foto: Eko Sudjarwo/detikSport)
Jakarta -

Di usia 5-15 tahun, anak-anak akan terus mengalami pertumbuhan dan bertransformasi baik secara fisik, kognitif, dan karakter sosial. Untuk itu, kebutuhan nutrisi yang seimbang sangat diperlukan pada masa pertumbuhannya.

Selain nutrisi, olahraga pun menjadi kegiatan yang tak boleh ketinggalan dalam masa tumbuh kembang anak. Salah seorang legenda sepak bola Indonesia, Ponaryo Astaman memberikan tips kebugaran untuk generasi penerus yang aktif dan menyukai olahraga.

Menurut Ponaryo, olahraga itu harus dilakukan secara fun. Untuk itu, olahraga harus berdasarkan pada minat dan hobi anak agar nantinya mereka bisa menikmati olahraga serta menjadikan olahraga sebagai sesuatu yang menyenangkan. Orang tua juga tidak boleh memaksakan apabila anak tidak suka.

"Kalau kita bicara tentang generasi penerus, anak-anak kita atau adik-adik kita dalam berolahraga, tips yang pertama adalah berdasarkan minat mereka atau berdasarkan hobi mereka. Kita tidak bisa paksakan kalau mereka tidak suka. Nantinya, memang ada unsur fun di situ. Di mana mereka bisa menikmati olahraga yang mereka pilih," kata Ponaryo dalam Konferensi Pers Virtual, Rabu (19/1/2022).

"Kalau mereka bener-bener minat, bener-bener menyukai olahraga tersebut, mereka akan antusias sekali dalam menjalani. Tentunya yang tidak bisa kita elakkan bagaimana suasana fun itu didapatkan. Bagaimana kita mendapatkan suasana itu, salah satunya adalah dengan berolahraga sejak dini." sambungnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video " Perjalanan Hidup Ade Rai, Dari Bulutangkis ke Binaraga"
[Gambas:Video 20detik]