Rabu, 26 Jan 2022 16:41 WIB

Video Lari Kak Seto Bikin Insecure, Ini Jurus Bugarnya di Usia 70 Tahun

Vidya Pinandhita - detikHealth
Kak Seto viral Video lari Kak Seto bikin insecure. (Foto: Tangkapan layar @kaksetosahabatanak)
Jakarta -

Lagi-lagi tubuh fit Kak Seto bikin warganet tercengang. Dalam video yang ramai beredar, ia nampak berlari-lari sembari memasang mimik ceria. Sudah menginjak usia 70 tahun, apa sih jurus tetap bugar Kak Seto?

Video tersebut awalnya diunggah oleh Kak Seto dalam akun Instagram milikinya @kaksetosahabatanak. Dalam video tersebut, ia nampak berlari-lari di area kampus Gunadarma Technopark Kota Cianjur. Video tersebut kemudian beredar di Twitter dan bikin takjub banyak warganet.

"Sebelum saya memberikan seminar untuk guru-guru SMA di kampus Gunadarma Technopark Kota Cianjur, saya menyempatkan diri untuk menghirup udara segar dengan berlari keliling kampus selama kurang lebih 30 menit. Sangat menyehatkan!" tulis sosok yang terkenal jago parkour tersebut dalam unggahannya.

Rahasia bugar Kak Seto

Dalam kesempatan sebelumnya, Kak Seto sempat membagikan sederet cara untuk tetap bugar di usia 70 tahun. Menurutnya, kuncinya adalah 'GEMBIRA'. Apa itu?

Gerak anti-mager

G adalah gerak alias anti-mager. Di usia Kak Seto yang tahun lalu menginjak 70 tahun, ia menyebut dirinya masih sanggup push up 80 kali, koprol, dan berlari.

Emosi cerdas

Selanjutnya, E adalah emsi cerdas. Baginya, kondisi batin yang baik tak kalah penting menopang kesehatan.

"E adalah emosi cerdas. Kelola emosi dengan cerdas, nggak boleh marah meledak, sedih, dan takut yang berlebihan. Jadi tetap ungkapkan selalu gembira," ujar pemilik nama Seto Mulyadi tersebut pada detikcom.

Makan sehat

M adalah makan sehat. Saat itu Kak Seto menjelaskan, dirinya sudah menjadi vegan selama 10 tahun terakhir. Ia hanya memakan buah dan sayur-sayuran, serta berhenti mengonsumsi daging, susu, dan telur.

Berdoa, beribadah, bersyukur

Baginya, berdoa, beribadah, dan bersyukur tak kalah penting untuk menopang kesehatan. Sebab ia meyakini, kesehatan fisiknya hingga kini juga dipengaruhi kondisi spiritual yang tak kalah sehat.

"B adalah berdoa, beribadah, bersyukur, bahagia, serba yang spiritual. I adalah istirahat. Saya dari dulu sangat teratur, istirahat 8 jam per hari," ujarnya.

Rukun

"R adalah rukun. Ibaratnya, kemesraan ini janganlah cepat berlalu terus dengan istri, anak, staf rumah tangga. Kita kompak, suasana serba damai dan nyaman," lanjut Kak Seto.

Aktif berkarya

Terakhir, A adalah aktif berkarya untuk menyeimbangkan hidup. Menurut Kak Seto, gaya hidup sehat, aktif bergerak, serta selektif soal menu makan harus senantiasa diseimbangi dengan produktivitas.



Simak Video "Viral Konten TikTok Dokter soal Pasien Minta Aborsi yang Dinilai Julid"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)