ADVERTISEMENT

Jumat, 28 Jan 2022 06:30 WIB

Viral AHY Jogging Pakai Rompi Pemberat, Manfaatnya Apa Sih?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Agus Harimurti Yudhoyono (Twitter AHY) Foto: Agus Harimurti Yudhoyono (Twitter AHY)
Jakarta -

Foto Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) jogging pakai rompi 'militer' viral di media sosial. AHY mengatakan rompi yang ia kenakan berisi pemberat besi di dalamnya.

Rompi pemberat yang dipakai AHY atau weighted vest pada dasarnya digunakan untuk melatih kekuatan otot saat seseorang berolahraga. Alat ini lazim digunakan saat olahraga untuk membantu seseorang membakar kalori lebih banyak.

"Dia kan mantan TNI AD. Untuk menjaganya ya karena tidak mungkin latihan seperti dulu lagi, maka dia memakai tambahan rompi beban itu," kata spesialis olahraga dr Michael Triangto, SpKO kepada detikcom, Kamis (27/1/2022).

dr Michael mengatakan penggunaan rompi pemberat, baik dengan kantong pasir atau lempengan besi, sudah lama digunakan terutama pada olahraga bela diri. Pada beberapa orang, seperti atlet atau stuntman, sengaja menggunakannya untuk latihan sebagai alat utk meningkatkan kemampuannya melompat atau vertical jump.

Rompi pemberat juga membuat beban tubuh akan menjadi lebih besar sehingga otot-otot tungkai dan otot torso akan menahan berat tubuh yang lebih dari biasanya.

"Kalau olahraganya kardio seperti jogging, ini untuk menambah beban dan diharapkan meningkatkan fungsi kardiorespirasi," pungkasnya.



Simak Video "6 Jurus Berlari di Area Terbuka Saat New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT