Jumat, 28 Jan 2022 09:17 WIB

Mau Ikut-ikutan Pakai Rompi 'Militer' ala AHY? Ada Syaratnya Agar Tak Cedera

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Agus Harimurti Yudhoyono (Twitter AHY) AHY jogging pakai rompi pemberat. (Foto: Agus Harimurti Yudhoyono (Twitter AHY))
Jakarta -

Rompi pemberat atau weighted vest yang dipakai Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) umum digunakan untuk melatih kekuatan otot saat berolahraga. Meski manfaatnya segudang, musti pikir-pikir dulu kalau mau ikut pakai rompi pemberat untuk jogging.

"Menggunakan pemberat berarti kita melatih otot tungkai supaya lebih kuat, melatih jantung dan paru untuk lebih tahan, melatih endurance. Tapi ada syaratnya," kata spesialis olahraga dr Michael Triangto, SpKO kepada detikcom, Kamis (27/1/2022).

Punya fisik yang sehat dan prima jadi syarat kalau mau menggunakan rompi pemberat. Pun jika ingin memakainya, bebannya harus disesuaikan dengan bobot tubuh dan beratnya ditambah bertahap.

"Tidak pada yang punya gangguan di pinggang dan lutut. Sebab, pemberat soalnya bisa menyebabkan gangguan pada pinggang dan lutut, jadi nggak selalu aman," ujarnya.

Pemakaian rompi pemberat yang berlebihan juga bisa memicu saraf terjepit. Rompi pemberat adalah salah satu alat bantu olahraga yang, bila digunakan dengan benar, dapat bermanfaat.

Sementara, jika digunakan secara tidak benar, rompi beban dapat menimbulkan beberapa masalah bagi kesehatan.

"Jangan sampai mau dapat manfaat tapi celaka," pungkas dr Michael.



Simak Video "Viral Konten TikTok Dokter soal Pasien Minta Aborsi yang Dinilai Julid"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)