Rompi 'Militer' ala AHY Nggak Cuma untuk Olahraga, Buat Terapi Juga Bisa

ADVERTISEMENT

Rompi 'Militer' ala AHY Nggak Cuma untuk Olahraga, Buat Terapi Juga Bisa

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Jumat, 28 Jan 2022 14:00 WIB
Agus Harimurti Yudhoyono (Twitter AHY)
Foto: Agus Harimurti Yudhoyono (Twitter AHY)
Jakarta -

Rompi 'militer' yang dipakai Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mendadak jadi perbincangan warganet. Tak sedikit yang mempertanyakan fungsi rompi pemberat atau weighted vest tersebut untuk olahraga.

Berbincang dengan detikcom, dokter spesialis kesehatan olahraga dr Michael Triangto, SpKO, mengatakan menggunakan pemberat saat latihan akan meningkatkan fungsi otot tungkai serta menambah kekuatan jantung dan paru. Bukan cuma untuk itu, rompi pemberat juga bisa dipakai sebagai terapi penyakit.

"Kalau dalam kondisi ada penyakit tertentu seperti osteoporosis, pemakaian rompi beban ini untuk memberikan tekanan pada tulang panjang. bisa menjadi fungsi terapi sejauh tidak membebani secara berlebihan," jelasnya, Kamis (27/1/2022).

Pada kasus AHY, pemakaian rompi pemberat bisa saja dimaksudkan untuk menjaga kekuatan ototnya agar tetap prima, mengingat dirinya adalah mantan TNI AD.

"Namun tidak berarti semua orang awam, karena melihat apa yang dilakukan AHY, langsung mendadak ikut-ikutan," tegas dr Michael.



Simak Video "Hailey Bieber Ungkap Idap Kista Ovarium Sebesar Buah Apel"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT