Rabu, 16 Mar 2022 14:32 WIB

Penasaran Gaya Hidup Sehat Marc Marquez? Cek di Sini

Patrick Trusto Jati Wibowo - detikHealth
Presiden Joko Widodo (Jokowi) beraudiensi dengan pebalap MotoGP di Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Kepada Marc Marquez dan kawan-kawan, Jokowi memperkenalkan motor RI 1. Marc Marquez berpose dengan Jokowi di istana (Foto: Laily Rachev/Biro Pers Setpres)
Jakarta -

Sebagai rider MotoGP, Marc Marquez wajib menjaga kebugaran tubuhnya. Selain butuh konsentrasi saat melaju, juga butuh kekuatan untuk menahan bobot kendaraan.

Akhir pekan ini, Marc Marquez akan unjuk kebolehan di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB). Kepiawaiannya mengendalikan kuda besi akan membuktikan kebugaran fisiknya.

Karena itu, penting bagi seorang rider MotoGP untuk selalu menerapkan pola hidup sehat. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini pola hidup sehat Marc Marquez.

3 Tips Kebugaran Ala Marc Marquez

Dikutip dari Red Bull, Marc Márquez, memfokuskan 'fun' saat berolahraga. Ia menghindari rutinitas agar tidak bosan.

1. Variasi olahraga

Marc Marquez mengatakan bahwa siapapun harus coba menemukan keseimbangan antara rutinitas dan kesenangan. Marquez biasanya mengakali rutinitasnya dengan bersepeda, berlari, dan berlatih di gym. Hal ini membantu seseorang untuk memiliki level yang baik di hampir semua bidang dan tidak berfokus di area tertentu saja. Marquez juga mencari kesenangan di sela-sela latihan.

Ia berpendapat bahwa rutinitas adalah penyebab seseorang menjadi bosan karena tubuh melakukannya secara terus menerus. Ciptakan variasi di setiap kegiatan, karena itu akan membantu untuk lebih fokus dan lebih menyenangkan sangat mengerjakannya.

2. Menghindari beban terlalu berat

Marc Marquez tidak berlatih angkat beban terlalu berat. Ia tidak menginginkan hal itu. Pelatih fisiknya menyarankan agar berat badannya harus sesuai dengan apa yang dibutuhkan saat balapan. Marquez tidak perlu badan yang bongsor. Karena saat membentuk otot, maka secara otomatis ia akan kehilangan aerodinamis.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah lengan bagian bawah. Dalam sesi latihannya, Marquez tidak mengangkat terlalu banyak beban menggunakan lengan bawah, karena dapat menyebabkan carpal tunnel syndrome.

3. Diet seimbang dan minum air putih yang banyak

Marc Marquez juga mengikuti diet sehat dan seimbang. Kebugaran tubuh dapat didapat dengan pola makan yang baik, terutama makan makanan yang mengandung karbohidrat, daging, dan buah. Selain itu, minum banyak air itu sangat penting. Saat sebelum balapan, Marquez sering minum banyak air agar bisa mencapai garis finish.



Simak Video "Rangkaian G20-MotoGP, Indonesia Harus Didukung Mitigasi yang Kuat"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)