ADVERTISEMENT

Minggu, 27 Mar 2022 05:30 WIB

Tips Sehat

Cara Memainkan Singing Bowl 'Pawang Hujan Mandalika' dan Manfaat Sehatnya

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Diviralkan Pawang Hujan, Singing Bowl Jadi Andalan Pawang Penyakit Manfaat dan cara memainkan singing bowl (Foto: Vidya Pinandhita/detikHealth)
Topik Hangat Singing Bowl
Jakarta -

Viral gara-gara digunakan oleh pawang hujan di MotoGP Mandalika, singing bowl kini banyak dilirik terutama untuk 'healing' dan relaksasi. Bagaimana sih cara memainkan singing bowl dan apa saja manfaat sebenarnya?

Praktisi healing dari Singing Bowl Indonesia, Ivonnete, menjelaskan manfaat singing bowl untuk terapi cukup beragam. Umumnya bisa meredakan berbagai keluhan yang sifatnya psikosomatis, mulai dari GERD (gastro esophageal reflux disease) hingga nyeri punggung atau backpain.

Prinsipnya, getaran bunyi yang dihasilkan saat singing bowl dipukul atau digesek akan mempengaruhi gelombang otak. Dalam meditasi, efek ini membantu seseorang untuk lebih fokus dan mencapai kondisi yang disebut 'alpha stage'.

"Seperti kita tahu tujuan meditasi tujuannya ke Alpha stage. Gelombang otak ada Alpha, Betta, dan sebagainya. Ketika kita di Alpha stage, hormon baik kita keluar. Otomatis kita ada perbaikan atau healing," jelas Ivonnete soal manfaat singing bowl saat ditemui detikcom di Jakarta Utara.

Pawang Hujan MotoGP Mandalika MenduniaPawang hujan MotoGP Mandalika, Mbak Rara, viral dengan aksinya memainkan singing bowl di tengah hujan deras. Foto: (Twitter)

Video penjelasan praktisi tentang manfaat singing bowl:

[Gambas:Video 20detik]




Cara memainkan singing bowl

Menurut Ivonnete, singing bowl pada dasarnya adalah lonceng terbalik atau inverted bell. Cara kerjanya simpel, yakni dengan cara dibunyikan agar muncul getaran-getaran yang diinginkan.

Nah, membunyikannya tidak sembarangan. Ada teknik dan persiapan khusus agar bunyi yang dihasilkan benar-benar memberikan manfaat relaksasi.

Berikut rangkumannya:

Video tips cara memainkan singing bowl:

[Gambas:Video 20detik]




1. Pilih singing bowl

Ada berbagai jenis singing bowl, dibedakan dari ukuran dan jenis material yang digunakan. Teknik pembuatan juga berpengaruh, ada yang handmade dan cetakan. Pilih yang paling sesuai.

2. Sediakan waktu khusus

Agar manfaat singing bowl lebih optimal, sangat disarankan untuk menyediakan waktu khusus dan tempat khusus agar tidak banyak gangguan saat mendengarkan bunyinya. Disarankan mencari tempat yang sunyi, tidak banyak bunyi-bunyian lain yang bisa mengganggu.

3. Fokus!

Tidak kalah penting, fokus dan konsentrasi harus sangat terjaga. Sangat tidak dianjurkan untuk mendengarkan singin bowl sambil mengerjakan aktivitas lain jika menginginkan efek dan manfaat yang optimal.

4. Cara memegang

Agar vibrasi yang dihasilkan lebih optimal, singing bowl dipegang dengan telapak tangan terbuka alias tidak digenggam.

5. Teknik membunyikan

Secara umum, ada dua teknik utama untuk membunyikan singing bowl. Pertama adalah strike atau dipukul pelan, kedua adalah rimming atau menggesek-gesekkan mallete (pemukul) di pinggiran mangkuk dengan gerakan memutar.

Terpenting, hindari membunyikan singing bowl persis di dekat telinga karena frekuensinya bisa bikin pekak.

6. Simpan dalam kondisi kering

Agar awet, simpan singing bowl dalam kondisi kering dan tidak lembab setelah digunakan. Simpel kan?

Pawang Hujan MotoGP Mandalika MenduniaSinging bowl ala Fabio Quartararo, yang sepertinya lebih mirip Rice Bowl. Foto: (Twitter)

Simak Video 'Mengenal Singing Bowl yang Viral Dipakai Pawang Hujan MotoGP Mandalika':

[Gambas:Video 20detik]



(up/up)
Topik Hangat Singing Bowl

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT