Sama-sama untuk Meluncur, Ini Beda Inline Skate Vs Sepatu Roda Biasa

ADVERTISEMENT

Sama-sama untuk Meluncur, Ini Beda Inline Skate Vs Sepatu Roda Biasa

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Minggu, 08 Mei 2022 17:58 WIB
legs of two  girls on roller skates on Tempelhofer Feld in Berlin
Inline skate vs sepatu roda biasa (Foto: Getty Images/iStockphoto/golero)
Jakarta -

Olahraga sepatu roda tengah jadi perbincangan. Sekelompok pesepatu roda inline skate viral gara-gara melaju kencang di jalanan ibukota.

Dalam video yang viral tersebut, para pesepatu roda melintas di Jl Gatot Soebroto, Jakarta Selatan. Mereka tampak berkelompok, sebagian di antaranya anak-anak.

Ngomong-ngomong soal sepatu roda, ternyata jenisnya ada macam-macam. Roller skate merupakan istilah untuk sepatu roda secara umum, sedangkan inline skate adalah sepatu roda yang memiliki susunan roller sebaris atau inline.

Jenis sepatu roda lain yang juga populer adalah quad skate, yakni sepatu roda 'jadul' yang susunan rodanya dua baris yang totalnya sama-sama empat roda di tiap sepatu.

Lalu apa yang membedakan? Dikutip dari Rainbowskateland, berikut rangkumannya.

1. Susunan roda

Pada quad skate, empat roda di tiap sepatu tersusun dalam dua baris. Dua di depan, dua di belakang. Inline skate memiliki susunan berbeda, yakni keempatnya dalam satu baris alias inline.

Feet of rollerbladers wearing inline roller skates sitting in outdoor skate park, Close up view of wheels befor city race for healthy and active lifeSepatu roda inline skate Foto: Getty Images/iStockphoto/ok_kate

2. Kelebihan-kekurangan

Quad skate relatif lebih stabil, sedangkan inline skate memiliki kelebihan untuk bisa melaju lebih kencang dan lebih mudah bermanuver.

Quad lebih mudah digunakan oleh pemula, tetapi inline skate lebih nyaman karena memiliki angkle support. Inline skate lebih mudah digunakan bagi yang biasa ice skating, karea susunan rodanya menyerupai blade pada ice skating.

Girl is sitting on the floor and tying laces on her right roller. She is pulling them back. Also she put her right feet on the back roller's wheelsSepatu roda jadul Foto: Getty Images/iStockphoto/Estradaanton

NEXT: Penggunaan dan pengereman.



Simak Video "Atlet Sepatu Roda Berlatih di Jalan Raya Disebut Wajar"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT