ADVERTISEMENT

Minggu, 15 Mei 2022 05:53 WIB

Olahraga Sepatu Roda

Harga Sepatu Roda 300 Ribu Sampai Semahal Motor, Ini yang Bikin Beda

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Jakarta -

Setelah beredarnya video viral pesepatu roda yang melintas di Jl Gatot Soebroto, Jakarta Selatan, tidak sedikit yang mendadak menjadi penasaran ingin mencoba olahraga ini. Namun pemula yang ingin main sepatu roda terkadang bingung harus beli sepatu roda seperti apa. Selain jenis, harga sepatu roda juga sangat beragam.

Asisten pelatih Timnas sepatu roda, Karta Wibawa, mengatakan bahwa dalam olahraga sepatu roda memilih sepatu yang tepat merupakan hal penting bagi yang baru mau belajar sepatu roda. Oleh karenanya, Karta menyarankan para pemula untuk memilih sepatu khusus pemula.

Umumnya, sepatu roda untuk pemula memiliki ukuran roda lebih kecil. Dilihat dari bentuk, sepatu untuk pemula biasanya memiliki ankle support sehingga tingginya di atas mata kaki. Terkadang juga dilengkapi rem kecil di bagian belakang.

Menurut Karta, kisaran harga sepatu roda untuk pemula berkisar dari harga 300 ribu sampai 3 juta rupiah. Idealnya, pemula pakai yang harga berapa?

"Kalau harga gak masalah, lebih ke masa pakai nantinya. Yang lebih murah biasanya rodanya cepat habis kalo yang lebih mahal biasanya rollingnya lebih bagus," ujarnya ditemui detikcom di JIRTA (Jakarta International Roller Track Arena), Sunter, Jakarta Utara, Rabu (11/5/2022).

[Gambas:Instagram]




Untuk yang sudah terampil, pilihan jenis sepatu roda lebih beragam dan tentunya rentang harganya juga makin bervariasi. Atlet sepatu roda Provinsi DKI Jakarta, Barijani Mahesa Putra, memberikan gambaran tentang harga sepatu roda yang digunakannya untuk kompetisi di nomor speed.

"Kalau aku sepatunya costum, sekitar 12 juta sampai 15 juta (rupiah) harganya," ungkap Esa, sapaannya, ditemui detikcom pada sesi latihan di JIRTA, Rabu (11/5/2022).

Sepatu RodaSepatu roda untuk atlet profesional ada yang seharga motor lho. Foto: AN Uyung Pramudiarja/detikHealth

Harga tersebut baru untuk sepatunya saja, belum termasuk frame dan roda. Selain itu, ada lagi komponen yang tidak kalah penting dalam sepatu roda yakni bearing.

"Frame 5 juta sampai 6 juta, roda 2 juta sampai 3 juta, bearing yang di dalem roda itu satu set 6 sampai 7 juta," pungkasnya.

Wah, mahal juga ya! Spill di komentar dong, berapa harga sepatu roda kalian.

(mfn/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT