Jumat, 13 Mei 2022 05:00 WIB

4 Manfaat Sepatu Roda untuk Olahraga, Efektif Bakar Kalori Juga Lho

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Beginilah Potret lintasan khusus sepatu roda JIRTA (Jakarta International Roller Track Arena) yang berada di Sunter, Jakarta Utara. Arena ini memiliki lintasan oval sepanjang 200 meter. Latihan berkelompok di tempat ini dibagi berdasarkan tingkat ketrampilan, dari yang masih pemula hingga atlet profesional. Atlet sepatu roda berlatih di JIRTA Sunter (Foto: AN Uyung Pramudiarja)
Jakarta -

Olahraga sepatu roda menjadi sorotan beberapa waktu belakangan ini terkait video viral para atlet sepatu roda yang berlatih di tengah Jl Gatot Soebroto, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Olahraga sepatu roda yang sedang jadi topik perbincangan ini ternyata menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Karta Wibawa, pelatih Pelatda DKI Jakarta cabang sepatu roda dan asisten pelatih Timnas sepatu roda, menyatakan olahraga sepatu roda banyak memberi manfaat kesehatan bagi anak-anak dan orang dewasa.

"Kalau untuk anak-anak lebih ke motorik dia, karena kan ada belok kiri-kanan, ada juga kekompakan dan intinya melatih ke kesehatan fisik yang bagus," ujarnya ditemui detikcom pada sesi latihan di JIRTA (Jakarta International Roller Track Arena), Sunter, Rabu (11/05/2022).

"Untuk dewasa tergantung, ada yang untuk fun aja ada yang atlet memang rutin, yang dewasa fun-fun aja biasanya seminggu 3 kali latihannya buat menjaga kesehatan aja," sambungnya.

Ia juga mengatakan bahwa berlatih sepatu roda melatih otot-otot bagian bawah tubuh. Terutama otot perut, paha, dan kaki.

"Kalo otot lebih ke lower body yang bekerja, pinggang ke bawah. Efeknya sih nanti daya tahan kakinya lebih kuat nanti. Paha bagian belakang, dan paling utama otot perut karena pusat," bebernya.

Namun ternyata masih ada lagi loh manfaat dari bersepatu roda ini bagi kesehatan tubuh, yuk simak beberapa manfaat lainnya.

Beginilah Potret lintasan khusus sepatu roda JIRTA (Jakarta International Roller Track Arena) yang berada di Sunter, Jakarta Utara. Arena ini memiliki lintasan oval sepanjang 200 meter. Latihan berkelompok di tempat ini dibagi berdasarkan tingkat ketrampilan, dari yang masih pemula hingga atlet profesional.Latihan sepatu roda di JIRTA. Foto: AN Uyung Pramudiarja

1. Membakar Kalori

"Orang tidak mengerti bahwa inline skate membakar kalori juga selain untuk bersenang-senang. Ini bentuk olahraga yang sangat baik dan memiliki banyak manfaat kesehatan yang tidak disadari orang. Selain itu, jika kamu melakukannya terus-menerus selama lebih dari satu jam, sepatu roda bisa membakar lebih banyak kalori daripada olahraga lain seperti jogging atau lari," ujar dr Brian Cole, dokter Ahli Bedah Ortopedi Olahraga, dikutip dari Sports Medicine Weekly (12/5/2022).

Dikutip dari Healthline, pemain sepatu roda yang cukup terampil untuk mempertahankan kecepatan yang agak kuat, dengan latihan ini bisa sangat membakar kalori. Olahraga sepatu roda memiliki nilai METs (Metabolic Equevalents) 7 yang menunjukkan intensitasnya setara dengan bersepeda atau menggunakan mesin rowing.

Maka dari itu, pemain sepatu roda dengan berat 160 pon (73 kg) dengan intensitas bermain yang konsisten selama 30 menit dapat membakar sekitar 267 kalori.

2. Membentuk Otot

Dikutip dari CNN, Ahli Kebugaran Stephanie Mansour menulis, sepatu roda dapat membangun kekuatan otot inti dan meningkatkan stabilitas di tubuh bagian bawah. Sepatu roda juga meningkatkan kekuatan dan mobilitas tubuh bagian atas karena gerakan memompa dan mengayunkan lengan.

"Saat memutar badan dengan menggunakan otot inti, kamu menggunakan bahu dan lengan untuk membantu mendorong maju. Gerakan dari sisi ke sisi, juga meningkatkan mobilitas dan kekuatan pinggul. Paha depan, paha belakang, betis, glutes, dan pinggul bekerja secara bersamaan saat mulai meluncur, berhenti meluncur, mempercepat dan memperlambat," tulisnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2