Kamis, 16 Jun 2022 05:30 WIB

Pernah Gagal Jantung, Boleh Olahraga Nggak Sih? Ini Faktanya

Afif Ahmad Rifai - detikHealth
Girl prepairing for workout Olahraga tidak diharamkan meski pernah gagal jantung (Foto: iStock)
Jakarta -

Gagal jantung adalah kondisi lemahnya otot jantung seseorang, sehingga tidak mampu untuk memompa aliran darah. Kondisi ini disebabkan oleh otot jantung yang menebal dan kaku, sehingga kapasitas jantung untuk menerima darah berkurang.

Kondisi gagal jantung umumnya ditandai dengan berbagai gejala, seperti sesak napas, kaki bengkak, perut terasa begah, dan mudah lelah.

Menurut dr Vebiona Kartini Primaputri, SpJP, seorang dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, seseorang yang mengalami gejala gagal jantung mudah lelah artinya tidak mampu melakukan aktivitas yang biasa dilakukan.

"Biasanya orang yang mengalami gejala gagal jantung akan mudah merasa lelah, misal biasanya orang tersebut mampu naik turun tangga 3 lantai terus engga ngerasa capek, tapi tiba-tiba kok naik satu lantai aja udah capek, itu bisa jadi gejala awal gagal jantung, lebih baik periksakan ke dokter" ungkap dr Vebi pada diskusi kesehatan online, Rabu (15/6/2022).

Berdasarkan hal tersebut, muncul pertanyaan apakah seseorang yang mengalami gagal jantung masih boleh untuk berolahraga?

Pada diskusi tersebut dr Vebi juga menjelaskan bahwa tidak masalah apabila seseorang yang mengalami gagal jantung untuk berolahraga, namun perlu memperhatikan beberapa hal.

"Banyak hal yang harus dilakukan oleh orang yang mengalami gagal jantung, seperti mengonsumsi obat yang diresepkan oleh dokter, mengurangi konsumsi garam, membatasi asupan cairan, menjaga berat badan, dan rutin berolahraga. Namun, olahraganya dengan berbagai pertimbangan," ujarnya.

"Konsultasi ke dokter terlebih dahulu ketika akan berolahraga, seperti seberapa berat olahraga yang bisa dilakukan, terus juga kapan waktu olahraga yang tepat, intensitasnya dimulai dari yang ringan dulu. Pilih juga olahraga yang disukai, kebanyakan pasien saya itu suka bersepeda santai," sambungnya.

Tak hanya itu, dr Vebi juga menyarankan untuk berhenti melakukan olahraga ketika merasa sesak nafas, lemas, pusing, berdebar, atau kesakitan.



Simak Video "Hati-hati! Kaum Muda Juga Bisa Kena Gagal Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)