ADVERTISEMENT

Selasa, 16 Agu 2022 17:45 WIB

Viral Balap Karung Jongkok Pakai Helm, Rawan Cedera Nggak Sih?

Alethea Pricila - detikHealth
Sejumlah anak mengikuti lomba balap karung di Bulak, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (11/8). Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka memeriahkan perayaan HUT ke-72 Kemerdekaan Indonesia. ANTARA FOTO/Zabur Karuru/kye/17 Lomba balap karung tak pernah absen dalam peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus (Foto: Antara Foto)
Jakarta -

Balap karung menjadi salah satu permainan wajib untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia setiap tanggal 17 Agustus. Permainan ini dilakukan dengan memasukkan kaki ke karung, kemudian melompat sampai garis akhir yang sudah ditentukan.

Namun belakangan, tren balap karung terbaru yang sedang viral dilakukan sambil jongkok. Peserta tampak seperti dibungkus karung, lalu mengenakan helm. Dalam beberapa video yang viral, beberapa peserta tampak terjungkal dan memancing gelak tawa para suporter.

Namun apakah balap karung viral ini aman? Apa yang perlu diperhatikan?

dr Andi Nusawarta, M.Kes, SpOT(K), spesialis ortopedi konsultan sports injury dari RS Pondok Indah Bintaro Jaya, menyebut balap karung yang sedang hits ini aman dan merupakan modifikasi dari gerakan olahraga squat.

"Itu (balap karung helm) aman, jadi itu sebenarnya modifikasi dari olahraga squat. Jadi squat itu kita melatih otot bawah, kayak otot paha, otot betis. Itu sebenarnya kan gayanya kayak jongkok sambil jalan yang sebenarnya olahraga dan tidak ada salahnya," ujarnya kepada detikcom, Selasa (16/8/2022).

NEXT: Tetap waspadai risiko cedera

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Heboh Juru Bahasa Isyarat HUT Ke-77 RI Ikut Joget 'Ojo Dibandingke'"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT