ADVERTISEMENT

Rabu, 17 Agu 2022 05:07 WIB

Tips Sehat Balap Karung

Hati-hati! Orang-orang dengan Kondisi Ini Sebaiknya Tak Ikut Balap Karung

Alethea Pricila - detikHealth
Sejumlah Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) mengikuti lomba balap karung di Liponsos Keputih Surabaya, Jawa Timur, Rabu (3/8/2022). Berbagai macam lomba yang digelar mulai tanggal 1-11 Agustus 2022 itu untuk menyemarakkan peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI. ANTARA FOTO/Didik Suhartono/foc. Balap karung termasuk aktviitas high impact, hati-hati! (Foto: ANTARA FOTO/Didik Suhartono)
Jakarta -

Rabu, 17 Agustus 2022 diperingati sebagai Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-77. Masyarakat Indonesia tentu antusias menyambut perayaan ini. Biasanya, tiap rumah sudah dikibarkan bendera merah putih dan daerah tempat tinggal dihias dengan nuansa kemerdekaan. Agar melengkapi perayaan, biasanya dilakukan berbagai perlombaan salah satunya balap karung.

Lomba ini menjadi langganan setiap tahunnya. Masyarakat yang mengikuti kegiatan ini juga beragam mulai dari anak kecil hingga dewasa. Ternyata, perlombaan ini sama seperti olahraga lho.

Balap karung tergolong olahraga yang high impact. Dikutip dari Very Well Health, olahraga high impact merupakan gerakan dan latihan yang mencakup melompat dan mendarat, sehingga menciptakan dampak saat kaki menyentuh tanah. Sama seperti balap karung yang mengharuskan seseorang untuk berlompat. Oleh karena itu, tidak semua orang bisa mengikuti balap karung.

Orang-orang yang Tidak Bisa Ikut Balap Karung

dr Andi Nusawarta, M.Kes, SpOT(K), spesialis ortopedi konsultan sports injury dari RS Pondok Indah Bintaro Jaya, menjelaskan perlombaan ini aman untuk orang yang sudah terlatih dan rutin berolahraga.

"Misal orang ini udah rutin olahraga, di challenge melakukan hal baru kayak lompat karung sambil jongkok. Buat yang sudah biasa itu ya biasa aja dan tidak akan sakit," ujarnya kepada detikcom, Selasa (16/8/2022).

Meski demikian, dr Andi mengingatkan bahwa untuk orang-orang tertentu, balap karung juga memiliki risiko cedera yang harus diwaspadai. Orang-orang yang memiliki kondisi seperti kegemukan, asam urat, dan osteoporosis tidak dianjurkan untuk ikut balap karung.

Perlu diingat, balap karung merupakan aktivitas fisik yang dikategorikan high impact. Gerakan melompat-lompat dapat memberikan beban ekstra di persendian dan tidak dianjurkan bagi yang memiliki masalah di bagian tersebut.

"Orang yang jarang olahraga dan rentan, itu justru bukan positif yang didapatkan tapi negatif, bisa cedera," ucapnya.



Simak Video "Lahir di 17 Agustus. 16 Bayi Ini Diberi Pernak-pernik Kemerdekaan"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT