Hari Olahraga Nasional 2022: Sejarah, Tema, dan Twibbon

ADVERTISEMENT

Hari Olahraga Nasional 2022: Sejarah, Tema, dan Twibbon

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Selasa, 06 Sep 2022 19:45 WIB
Pelari gawang DKI Jakarta Emilia Nova (045) melakukan selebrasi seusai finish pertama pada final 100 meter lari gawang PON XX Papua di Stadion Atletik, Mimika Sport Complex, Selasa (5/10/2021). PB PON XX Papua / Rommy Pujianto
Hari Olahraga Nasional 2022 (Foto: Dok. PB PON XX Papua / Rommy Pujianto)
Jakarta -

Hari Olahraga Nasional (Haornas) diperingati setiap tahun pada tanggal 9 September. Momentum ini merupakan wujud kepedulian pemerintah akan pentingnya pendidikan olahraga. Begitu juga untuk meningkatkan sportivitas di Tanah Air.

Olahraga sendiri merupakan aktivitas fisik yang sangat baik dilakukan untuk menjaga kesehatan dan keseimbangan tubuh. Bahkan, aktivitas fisik ini juga mampu meningkatkan mood seseorang loh. Berikut seluk-beluk tentang Hari Olahraga Nasional yang perlu diketahui.

Sejarah Hari Olahraga Nasional

Dikutip dari laman Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Utara, awal mula dicetuskan Hari Olahraga Nasional di Indonesia berawal dari diselenggarakan Pekan Olahraga Nasional (PON) I pada 9 sampai 12 September 1948, di kota Surakarta, Jawa Tengah. Tanggal 9 September 1948 menjadi pembukaan ajang olahraga tersebut dan ditetapkan pula untuk setiap tahunnya sebagai Hari Olahraga Nasional oleh warga Indonesia.

PON I digelar karena pada tahun 1948 atlet-atlet Indonesia tidak bisa mengikuti kompetisi olahraga dunia Olimpiade XIV/1948 di kota London, Inggris. Hal ini disebabkan pada saat itu kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia belum belum diperoleh pengakuannya oleh dunia, serta paspor Indonesia pun juga tidak diakui oleh Pemerintah Inggris. Akan tetapi, mereka bisa berpartisipasi dengan ajang kompetisi dunia tersebut jika menggunakan paspor Belanda. Meskipun demikian, putra-putri Tanah Air hanya mau hadir di ajang tersebut sebagai perwakilan Indonesia.

Penolakan tersebut membuat Persatuan Olahraga Republik Indonesia (PORI) memutuskan untuk menyelenggarakan kompetisi dalam negeri yang diberi nama Pekan Olahraga Nasional. Hal ini sebagai bukti untuk menunjukkan kepada mata dunia bahwa pada saat itu bangsa Indonesia sanggup mengadakan acara olahraga dengan skala nasional.

PON I kemudian disambut antusias oleh para atlet Indonesia. Hal tersebut terlihat dari banyaknya para atlet Indonesia sebanyak 600 atlet yang mengikuti kompetisi tersebut, dengan bertanding pada 9 cabang olahraga untuk merebutkan 108 medali. Dengan diadakan PON I, pada tanggal 9 sampai 12 September 1948 ditetapkan sebagai tanggal peringatan Hari Olahraga Nasional oleh masyarakat Indonesia.

Tema Hari Olahraga Nasional 2022

Dikutip dari laman Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora RI), peringatan Hari Olahraga Nasional 2022 mengusung tema "Bersama Cetak Juara". Adapun filosofi logo Haornas, yaitu:

  • Berbagai paduan warna merupakan simbol kolaborasi berbagai pihak sebagai kunci suksesnya implementasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) pada tahun 2022.
  • Gambar Sayap Garuda merupakan ikon Ibu Kota Nusantara (IKN) yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur tempat pelaksanaan puncak acara Haornas tahun 2022.

Twibbon Hari Olahraga Nasional 2022

Selain mempromosikan pentingnya olahraga, bisa juga memasang sejumlah twibbon lucu dan unik yang sudah detikcom kumpulkan dari berbagai sumber.

  1. Hari Olahraga Nasional 2022
  2. Hari Olahraga Nasional 2022
  3. Hari Olahraga Nasional 2022
  4. Hari Olahraga Nasional 2022
  5. Hari Olahraga Nasional 2022
  6. Hari Olahraga Nasional 2022
  7. Hari Olahraga Nasional 2022
  8. Hari Olahraga Nasional 2022
  9. Hari Olahraga Nasional 2022
  10. Hari Olahraga Nasional 2022
  11. Hari Olahraga Nasional 2022


Simak Video "Tips dari Amel Carla Agar Bisa Rajin Olahraga "
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT