Yang Penting Gerak, Sudah Pasti Sehat? Nggak Gitu, Tetap Ada Syaratnya

ADVERTISEMENT

Yang Penting Gerak, Sudah Pasti Sehat? Nggak Gitu, Tetap Ada Syaratnya

Hana Nushratu Uzma - detikHealth
Rabu, 16 Nov 2022 05:00 WIB
Running together. Side view of young beautiful women looking away while running on treadmill at gym.
Mau sehat, nggak asal gerak (Foto: Getty Images/iStockphoto/Harbucks)
Jakarta -

Manusia pasti selalu bergerak dalam melakukan kesehariannya, dan kurang gerak selalu dikaitkan dengan berbagai risiko penyakit. Tapi ternyata, sekadar bergerak saja tidak serta merta bikin sehat lho.

Country Leader Active Kids Indonesia (AHKI) sekaligus Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Jawa Barat, Agus Mahendra menuturkan ada kriteria tertentu agar 'bergerak' bisa dikategorikan menyehatkan. Salah satunya adalah bikin terengah-engah, karena ini ini merupakan efek kerja jantung yang menyuplai energi otot yang bergerak.

Ketika sebuah aktivitas fisik bisa membuat seseorang terengah-engah, maka kegiatan tersebut baru bisa disebut aktivitas jasmani atau fisik yang menyehatkan. Aktivitas fisik sendiri merupakan seluruh gerak tubuh yang melibatkan otot besar dan membutuhkan suplai energi.

"Jadi kalau bergerak atau katakanlah tidak meningkatkan denyut jantung dan paru-paru, maka (itu) bukan aktivitas jasmani," kata Agus ditemui di Bale Nusa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (14/11/2022).

Untuk dapat memberikan manfaat, durasi minimal aktivitas fisik minimal dua menit. Jika seseorang bergerak kurang dari dua menit, maka ini bukan termasuk aktivitas fisik yang menyehatkan alias hanya sekadar 'bergerak' saja.

"Tetapi di atas dua menit, maka adalah ciri yang paling kelihatan," ujar Agus.

Olahraga Punya Definisi Tersendiri

Di kalangan awam, semua aktivitas fisik yang menyehatkan bisa disebut olahraga. Namun bagi kalangan olahragawan profesional, istilah 'olahraga' punya definisi tersendiri.

Agus mengatakan, olahraga adalah aktivitas jasmani yang memiliki kriteria sebagai berikut:

  • Memiliki aturan main (rule of the game).
  • Dinaungi organisasi induk.

"Sebut sepak bola, rule of the game-nya pasti. Kemudian ada PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia), ada FIFA (Federasi Sepak Bola Internasional)," tutur Agus.

So, kalau mau sehat sebaiknya cukup bergerak saja, atau melakukan aktivitas fisik, atau harus berolahraga? Terserah mana saja bisa, karena itu cuma soal istilah. Yang penting memenuhi kriteria di atas ya biar bisa melatih jantung dan otot. Semangat!



Simak Video "Tips dari Amel Carla Agar Bisa Rajin Olahraga "
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT