Suka Makan Fast Food? Hati-hati Bahaya Penyakit Jantung Mengintai!

ADVERTISEMENT

Suka Makan Fast Food? Hati-hati Bahaya Penyakit Jantung Mengintai!

Inkana Izatifiqa R Putri - detikHealth
Sabtu, 03 Des 2022 12:45 WIB
Ilustrasi junk food
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Makanan cepat saji alias fast food kerap menjadi pilihan untuk mengisi perut di saat lapar. Salah satu alasannya karena praktis dan mudah didapat.

Istilah fast food atau makanan cepat saji merujuk pada jenis makanan yang dapat dimasak, disajikan dan, dimakan secara cepat. Contoh dari makanan cepat saji di antaranya burger, kentang goreng, pizza, juga ayam goreng tepung.

Meski lezat, namun fast food dianggap berbahaya jika dikonsumsi terlalu sering. Bahkan dapat memicu risiko penyakit jantung, lantaran banyak mengandung lemak jenuh dan lemak trans. Sehingga para penggemar fast food sebaiknya mulai mengurangi konsumsi makanan ini, karena dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah, bahkan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Efek Fast Food terhadap Kesehatan Jantung

Penelitian dalam jurnal 'Archives of Iran Medicine' edisi Juni 2012 menyebut makan makanan cepat saji dapat meningkatkan asupan kalori, lemak total, lemak jenuh, kolesterol dan natrium. Mengutip The Heart House, mengonsumsi fast food terlalu sering dapat meningkatkan berat badan dan lingkar pinggang akibat kalori berlebih.

Bahkan, mengonsumsi fast food berlebih dapat meningkatkan peluang terkena obesitas, asma, dan sesak napas. Pasalnya, berat badan berlebih akan memberi tekanan ekstra pada jantung dan paru sehingga saat tubuh bergerak tubuh akan kesulitan bernapas. Dan pada gilirannya, hal ini secara tak langsung dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Di samping itu, fast food kerap mengandung garam dalam jumlah yang relatif tinggi. Padahal, terlalu banyak mengonsumsi garam dapat meningkatkan tekanan darah, yang menjadi faktor risiko lain untuk penyakit jantung.

Studi tentang Efek Fast Food pada Penyakit Jantung

Melansir Livestrong, Peneliti University of Minnesota School of Public Health melaporkan adanya hubungan antara kebiasaan makan orang dewasa di Singapura yang gemar mengonsumsi fast food dengan risiko kesehatan mereka. Studi tersebut menemukan mengonsumsi makanan cepat saji sedikitnya seminggu sekali meningkatkan risiko kematian akibat penyakit jantung koroner sebesar 20 persen. Risikonya naik hingga 50 persen jika makanan cepat saji dikonsumsi 2-3 kali seminggu. Lebih buruknya, risikonya meningkat hingga 80 persen bagi mereka yang makan makanan cepat saji 4 kali atau lebih per minggu.

Sementara itu, mengutip Dailymail, para ahli dari University of Newcastle dalam pertemuan ilmiah tahunan Scientific Meeting of the Cardiac Society of Australia and New Zealand menyebutkan pertumbuhan restoran cepat saji di suatu daerah berdampak terhadap jumlah kematian akibat serangan jantung.

Adapun para peneliti ini menggunakan data dari sekitar 3 ribu pasien yang dirawat di rumah sakit New South Wales akibat serangan jantung antara tahun 2011 dan 2013. Berdasarkan alamat rumah pasien, para ahli melihat berapa banyak jumlah restoran makanan cepat saji di sana. Hasilnya, semakin banyak jumlah restoran cepat saji di daerah, baik perkotaan atau pedesaan, makin bertambah pula kasus kematian akibat serangan jantung.

Pola Hidup Sehat untuk Tekan Risiko Penyakit Jantung

Risiko penyakit jantung pada dasarnya dapat dihindari dengan melakukan pola hidup sehat. Alih-alih mengonsumsi makanan berlemak jenuh, Anda dapat menggantinya dengan makanan berprotein tinggi dan memperbanyak asupan serat.

Sebab makanan dengan kandungan serat tinggi dapat membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Konsumsi makanan sehat juga dapat membantu mencegah penyakit jantung.

Di samping mengonsumsi makanan sehat, Anda bisa mencegah penyakit jantung dengan mengonsumsi susu ENSURE Gold yang memiliki kandungan serat pangan dan tidak jenuh yang tinggi.

ENSURE Gold merupakan nutrisi dewasa pertama dan satu-satunya dengan kandungan HMB (Hidroksi Metil Butirat) dan triple protein yang terbukti klinis mampu membantu kesehatan massa otot. ENSURE Gold juga diperkaya dengan tinggi kalsium dan vitamin D yang penting untuk tulang, kandungan 100% lemak nabati yang kaya akan omega 3 dan 6 penting untuk menjaga fungsi jantung dan 13 vitamin dan 9 mineral yang penting untuk daya tahan tubuh. ENSURE Gold tersedia dalam 3 rasa yang lezat, yaitu Vanila, Cokelat dan Gandum.



Simak Video "Waspadai Penyakit Jantung pada Anak!"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT