detikhealth

Efek Sering Hamil dan Punya Banyak Anak Terhadap Kondisi Plasenta

Firdaus Anwar - detikHealth
Sabtu, 08/04/2017 12:30 WIB
Efek Sering Hamil dan Punya Banyak Anak Terhadap Kondisi PlasentaFoto: Thinkstock
Jakarta, Ada orang tua yang karena berbagai alasan ingin memiliki banyak anak. Namun dari segi medis, hal tersebut sebetulnya tidak dianjurkan karena dapat meningkatkan risiko komplikasi kehamilan.

Dijelaskan oleh Dr Boy Abidin, SpOG(K), dari RS Mitra Keluarga Kelapa Gading contoh dari komplikasi tersebut adalah terjadi gangguan plasenta. Dalam kehamilan normal plasenta seharusnya menempel di bagian atas dinding rahim, namun karena sudah ada 'kerusakan' maka plasenta bisa tumbuh tak teratur.

"Plasenta ini bisa menempel di sembarang tempat. Dia bisa menempelnya di bagian samping atau akarnya dalam sampai-sampai menembus dinding rahim," kata dr Boy dalam acara Prenagen Pregnancy Educational Journey yang diadakan di Hotel Pullman Central Park, Jakarta, Sabtu (8/4/2017).

Baca juga: Ini yang Bisa Dilakukan untuk Antisipasi Preeklampsia Berulang

"Kenapa plasenta menempel di tempat yang tidak semestinya? Secara teori plasenta akan menempel di mana aliran darahnya baik, maka dari itu ketika waktu anak pertama dia tumbuhnya pas di tengah, terus anak kedua agak geser ke kiri dan kanan, anak ketiga semakin geser, begitu seterusnya," papar dr Boy.

Ketika plasenta terbentuk tidak normal, maka akan ada risiko seperti bayi jadi mudah terlilit tali pusar atau sulit untuk dilahirkan karena terhalang oleh plasenta. Dampak paling fatalnya adalah terjadi keguguran.

Oleh karena itu dokter kerap menyarankan ibu hamil agar rutin memeriksa kandungan. Ketika ada kelainan maka kondisinya bisa dipantau sehingga tindakan pun bisa direncanakan lebih awal bila dibutuhkan.

"Kalau ibu datang kita USG dari 12 minggu sudah bisa dilihat. Apakah ada kelainan pada plasentanya terlalu dalam atau tidak," tutup dr Boy.

Baca juga: Kenali Penyebab Janin Sungsang


(fds/ajg)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit