Jumat, 21 Agu 2020 21:26 WIB

6 Ciri Seseorang Kecanduan Seks, Sulit Bergaul Salah Satunya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Eighteen plus, age limit, sign in neon style. Only for adults. Night bright neon sign, symbol 18 plus. Vector Illustration. Ciri-ciri kecanduan seks (Foto: iStock)
Jakarta -

Percaya atau tidak, kecanduan terhadap seks itu memang benar adanya. Tak hanya dialami pria, para wanita pun juga bisa saja mengalaminya.

Sebuah penelitian menyebutkan kecanduan seks ini disebabkan oleh hormon yang dikenal sebagai oksitosin. Menurut para ilmuwan Swedia, orang yang kelebihan hormon ini mungkin tertarik pada banyak orang dalam satu waktu, yang tujuannya hanya untuk seks.

Untuk mengetahuinya, berikut 6 tanda yang menunjukkan seseorang mengalami kecanduan seks atau hiperseksual, yang dikutip dari The Sun.

1. Dorongan fantasi seksual yang berulang dan intens

Jika seseorang mengalami dorongan dan fantasi seks yang berulang serta intens, bisa menandakan dirinya kecanduan seks. Beberapa orang yang mengalami kecanduan seks memiliki kesenangan sendiri dalam hal seks. Bahkan tak jarang hal ini bisa mengganggu produktivitasnya sehari-hari.

2. Keinginan masturbasi yang terlalu sering

Orang yang melakukan masturbasi bukan berarti dirinya mengalami kecanduan seks. Tetapi, jika keinginan masturbasinya ini terus berulang bahkan terlalu sering, bisa menjadi tanda peringatan orang tersebut bisa mengalami kecanduan akan seks.

3. Kebiasaan seks menimbulkan masalah dan risiko

Seseorang yang hiperseksual biasanya lebih menyukai tantangan yang berisiko, misalnya hubungan di luar nikah, seks tanpa menggunakan pengaman (kondom), sampai terlalu sering menonton film porno.

Tak jarang mereka yang mengalami ini bisa terlibat dalam kegiatan seksual yang ilegal.

4. Masalah dalam hubungan

Kebanyakan orang yang mengalami kecanduan seks itu sulit membangun atau mempertahankan hubungan yang sehat. Mereka terkadang lebih menghindari keintiman fisik, seksual, dan emosional.

5. Tidak mampu mengendalikan atau menghentikan perilaku tersebut

Dorongan dan fantasi yang kuat terhadap seks membuat mereka yang mengalami kecanduan seks tidak mampu mengendalikan diri mereka sendiri. Meski mereka sadar dorongan itu tidak baik, tetapi mereka tidak bisa mengendalikannya, terlepas dari konsekuensi keuangan, medis, atau sosial.

6. Menjadikan seks pengalihan dari masalah lain

Tanda lainnya yang mengarahkan seseorang mengalami kecanduan seks adalah menjadikan seks sebagai pengalihan dari masalah lain. Misalnya, banyak pecandu seks yang menggunakan seks untuk menghindari masalah, seperti kesepian, depresi, kecemasan, bahkan stres.



Simak Video "Dokter Boyke Sayangkan Kurangnya Pendidikan Seks untuk Milenial"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)