Kamis, 27 Agu 2020 19:42 WIB

Di Usia Berapa Pertumbuhan Payudara Wanita Berhenti?

Defara Millenia Romadhona - detikHealth
young woman is measuring her breast Ukuran payudara tidak akan selamanya tumbuh (Foto: iStock)
Jakarta -

Seiring bertambah usia, payudara wanita akan mengalami perubahan bentuk dan ukuran. Perubahan payudara terlihat saat masa pubertas dan setiap wanita mengalami perubahan yang berbeda-beda.

Masa pubertas akan meningkatkan kadar hormon estrogen dan progesteron, sehingga tubuh akan mengalami rangsangan peningkatan hormon-hormon termasuk yang ada di area payudara. Kondisi ini membuat wanita mengalami perubahan fisik yaitu payudara terlihat besar.

Lantas, kapan pertumbuhan payudara berhenti?

Dikutip dari Indiacom, payudara umumnya akan berhenti tumbuh pada usia 17-18 tahun. Pastinya, hal ini dipengaruhi juga oleh faktor genetik. Selain itu, hormon dan jumlah lemak juga mempengaruhi pertumbuhan payudara.

Pertumbuhan payudara akan terjadi selama lima hingga enam tahun sejak mengalami masa pubertas.

Terkadang wanita khawatir terhadap ukuran dan merasa payudaranya lebih kecil atau lebih besar. Faktanya, tidak ada ukuran payudara yang normal karena setiap wanita memiliki payudara yang berbeda-beda.

Masa pubertas adalah peluang bagi wanita memiliki ukuran payudara yang mereka inginkan. Pola makan yang buruk akan mempengaruhi hormon-hormon yang berkembang pada tubuh sehingga mengganggu pertumbuhan payudara.

Apakah wanita yang berusia lebih 17-18 tahun, ada kemungkinan payudaranya bertumbuh?

Saat wanita berusia lebih dari 17-18 tahun, pertumbuhan payudara bisa terjadi. Namun, hanya sementara dan hal ini karena wanita mengalami kehamilan. Payudara wanita akan tampak besar saat hamil dan akan menyusut setelah menyusui dan mengkonsumsi pil KB.



Simak Video "Payudara Prostetik untuk Pengidap Kanker Payudara"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)