Jumat, 02 Okt 2020 19:00 WIB

Riset Ini Ungkap Lama Waktu yang Dibutuhkan Wanita untuk Capai Orgasme

Elsa Himawan - detikHealth
Young female holding hands sensually on red silk bed. Ilustrasi orgasme (Foto: iStock)
Jakarta -

Sudah bukan rahasia lagi, bila wanita lebih sulit mengalami orgasme ketimbang pria. Oleh sebab itu, wanita membutuhkan banyak foreplay untuk mencapai kenikmatan seksual.

Tim dari Institut Ilmu Kedokteran Kadave India, dalam Journal of Sexual Medicine, mengatakan bahwa usia wanita tidak memiliki pengaruh signifikan pada berapa lama orgasme berlangsung.

Studi ini meneliti tentang tingkat orgasme wanita saat berhubungan intim. Selama delapan minggu, 645 wanita dengan usia rata-rata 30 tahun menggunakan stopwatch untuk mengukur berapa lama waktu yang dibutuhkan dari awal aktivitas seksual hingga orgasme.

Hasilnya adalah wanita membutuhkan waktu berkisar antara 12,76 menit hingga 14,06 menit sebelum orgasme ketika berhubungan seks. Meskipun 17 persen wanita yang diteliti, tidak pernah mengalami orgasme.

Selain itu, studi ini juga mengungkapkan bahwa seks penetrasi bukanlah cara yang paling efektif untuk mencapai klimaks wanita. Hanya 31,4 persen wanita yang mencapai orgasme karena penetrasi. Disebutkan juga bahwa wanita akan lebih bisa mencapai orgasme dan lebih puas di sesi foreplay.

Namun, perlu menjadi catatan bahwa penelitian ini tak berarti kalau perempuan akan mencapai orgasme dalam waktu yang sama. Ini juga tak berarti Anda gagal orgasme kalau sudah melewati ukuran waktu tersebut.

Survei ini juga membuktikan bahwa mencapai orgasme membutuhkan usaha dan kesabaran. Anda tidak bisa berharap orgasme langsung terjadi dengan cepat.



Simak Video "Dokter Boyke Sayangkan Kurangnya Pendidikan Seks untuk Milenial"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)