Selasa, 06 Okt 2020 19:30 WIB

Nafsu Tinggi Tapi Tak Kuat Lanjut Bercinta Ronde Kedua? Ini Penyebabnya

Defara Millenia Romadhona - detikHealth
ilustrasi pasangan bercinta Nafsu tinggi tapi tak kuat lanjut bercinta ronde kedua? Ini penyebabnya. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Mencapai klimaks saat bercinta bukan halangan untuk lanjut ke ronde berikutnya. Bagi kebanyakan pria, sesi bercinta di ronde kedua membuatnya mampu mencapai klimaks lebih baik.

Namun, pada kondisi tertentu kamu merasakan gairah masih tinggi tetapi badan rasanya lemas sehingga tidak dapat melanjutkan ronde berikutnya. Lantas, apa penyebabnya?

Seksolog Emily Morse mengatakan kondisi ini disebut periode refrakter. Pada periode ini, bisa dibilang pria sedang 'mengisi ulang' dan tidak dapat merespons rangsangan seksual sama seperti ketika mereka belum orgasme.

Menurut Orlando Dr Jamin Brahmbhatt, periode refrakter terjadi karena adanya perubahan dalam tubuh setelah orgasme (pasca ejakulasi). Penis akan menjadi lembek karena sinyal saraf di dalam tubuh rileks.

"Kadar dopamin dan testosteron turun, dan prolaktin (hormon yang diproduksi oleh kelenjar pituitari) meningkat," jelasnya dikutip dari Mens' Health.

Kadar prolaktin yang meningkat pasca ejakulasi dapat menyebabkan ketidakmampuan pria untuk bangkit kembali. Peningkatan prolaktin dan testosteron yang rendah akan mempengaruhi kehidupan seks.

Berapa lama periode refraktori berlangsung?

Setiap pria memiliki waktu yang berbeda-beda. Pemulihan tergantung pada usia, seberapa banyak rangsangan seksual yang didapat, dan faktor kesehatan.

Sebuah penelitian menemukan bahwa pria remaja akan membutuhkan waktu beberapa menit, sedangkan pria berusia 30 dan 40 tahun akan membutuhkan waktu 30 hingga 60 menit.

Saat pria mengalami periode refrakter salah satu cara untuk menghilangkannya adalah beristirahat. Namun, jika benar-benar ingin melakukan ronde dengan cepat, minta bantuan pasangan untuk melakukan teknik-teknik tertentu sehingga kamu terangsang.



Simak Video "Dokter Boyke Sayangkan Kurangnya Pendidikan Seks untuk Milenial"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)