Rabu, 14 Okt 2020 21:04 WIB

Kapan Mr P Berhenti Memanjang dan Membesar?

Defara Millenia Romadhona - detikHealth
Diet, fitness and health concept presented by yellow banana wrapped in measure tape isolated on yellow paper background Ukuran Mr P akan berhenti tumbuh pada titik tertentu (Foto: iStock)
Jakarta -

Setiap pria punya ukuran dan bentuk penis yang berbeda-beda, membesar dan memanjang seiring bertambahnya usia. Mr P akan berhenti tumbuh pada titik tertentu.

Dikutip dari Very Well Health, pertumbuhan penis dipengaruhi oleh hormon seksual yang aktif ketika memasuki masa pubertas. Umumnya, masa pubertas terjadi pada usia 12-16 tahun. Pertama-tama penis akan tumbuh memanjang dan kemudian mulai melebar.

Di masa pubertas, karakteristik fisik dan seksual pria mulai mengalami perubahan. Mulai dari pertumbuhan rambut-rambut halus di badan, suara yang lebih berat, penis dan testis yang membesar, diikuti dengan tumbuhnya rambut kemaluan.

Perubahan ukuran penis dapat terjadi secara cepat. Namun, perubahan ukuran penis berkembang secara sempurna pada usia 18 -21 tahun. Banyak pria menjadi khawatir tentang perubahan ukuran penis selama masa remaja, tetapi sebagian besar perubahan ukuran penis terjadi pada akhir masa remaja.

Perlu diingat, setiap pria mengalami masa pubertas yang berbeda-beda sehingga perubahan ukuran dan bentuk penis pun tidak sama.



Simak Video "Tahukah Kamu Laki-laki Juga Punya Masa Subur?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)