Kamis, 05 Nov 2020 20:08 WIB

Gairah Seks Melempem? Begini Mengatasinya

Kanya Anindita - detikHealth
ilustrasi pasangan Libido tak selalu meledak-ledak, ada kalanya melempem saat kelelahan fisik dan mental (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Jika hubungan seks dengan pasangan bisa dihitung dengan jari, mungkin itu gejala libido rendah. Siklus yang baik untuk bercinta adalah munculnya respons seksual, diikuti oleh gairah (kegembiraan), orgasme, dan resolusi (tubuh kembali berfungsi normal).

Gangguan hasrat seksual bukanlah sebuah masalah besar. Biasanya hal itu terjadi apabila kurangnya dorongan seks karena tekanan pribadi atau ada masalah dengan pasangan. Berkomunikasi dengan pasangan dapat membantu menyelesaikan masalah ini.

Dikutip dari Insider, seorang terapis seks dan asisten profesor psikiatri di Fakultas Kedokteran David Geffen UCLA, Kimberly Resnick Anderson mengatakan beberapa penyebab gangguan hasrat seksual:

1. Faktor biologis/fisiologis

Sejumlah kondisi medis dapat menurunkan libido, seperti diabetes, penyakit jantung, gangguan hormon, nyeri kronis, dan gangguan saluran kemih. Mengonsumsi obat untuk mengatasi depresi juga dapat menurunkan keinginan seks.

Untuk wanita mungkin terpengaruh oleh menopause, sedangkan pria mengalami penurunan testosteron atau masalah yang mempengaruhi aliran darah (bisa juga karena obesitas, merokok, atau kurang olahraga).

2. Faktor psikososial

Dorongan seks seseorang dapat dipengaruhi oleh kualitas hubungan mereka dengan pasangan seperti komunikasi yang buruk, trauma masa lalu, stres, ketakutan akan penuaan, dan depresi.

Bagaimana mengatasinya? Klik halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Sudah Direhab Masih Terjerumus Narkoba, Ini Kata Psikolog"
[Gambas:Video 20detik]