Kamis, 19 Nov 2020 21:30 WIB

Kapan Mr P Berhenti Tumbuh? Sederet Fakta Menarik Seputar Kelamin Pria

Farah Nabila - detikHealth
ilustrasi ereksi Ukuran Mr P (Foto: iStock)
Jakarta -

Pernahkah bertanya-tanya kenapa sebagian pria punya penis lebih besar dan lainnya mempunyai penis kecil? Faktanya, memang tidak ada ukuran normal untuk Mr P, karena variasinya sangat beragam.

Sebenarnya, kapan penis mulai tumbuh dan berhenti seiring bertambahnya usia?

Dikutip dari Very Well Health, pertumbuhan penis dipengaruhi oleh hormon pubertas. Penis mulai tumbuh lebih cepat dari biasanya antara usia 10 dan 14 dan dapat terus tumbuh hingga usia 16 hingga 21 tahun.

Masa pubertas

Perubahan fisik yang dialami pria selama masa pubertas adalah menjadi lebih berotot dan menjadi lebih tinggi. Selain itu, penis ereksi juga sebagai respons dari terangsang secara seksual, saat tidur, atau bahkan pada waktu-waktu yang tidak terduga.

Testis mulai tumbuh lebih besar dan rambut kemaluan mulai muncul.

Pertumbuhan paling cepat terjadi antara usia 12 dan 16 tahun. Pertama penis tumbuh panjang dan kemudian mulai melebar. Perubahan ukuran penis bisa terjadi secara tiba-tiba dan cepat.

Tubuh, termasuk penis, mengalami perubahan cepat selama beberapa minggu, dan kemudian tetap sama selama berbulan-bulan sebelum perubahan dimulai lagi.

Secara umum, penis mungkin terus tumbuh selama satu atau dua tahun setelah seseorang berhenti tumbuh tinggi, atau empat hingga enam tahun setelah testis membesar. Namun, penting untuk diketahui bahwa memulai tumbuh lebih awal atau terakhir sama sekali tidak terkait dengan ukuran penis.

Ukuran penis normal

Meskipun pria sering meremehkan ukuran penis karena sudut pandang mereka, atau kesalahpahaman tentang seberapa besar ukuran penis rata-rata, kemungkinan besar Mr P berada dalam kisaran ukuran kebanyakan pria. Secara umum, penis yang ereksi memiliki panjang 17-20 cm, dan diameter 4-5 cm.



Simak Video "Tahukah Kamu Laki-laki Juga Punya Masa Subur?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)