Minggu, 06 Des 2020 21:00 WIB

8 Cara Alami untuk Tingkatkan Jumlah Sperma

Zintan Prihatini - detikHealth
ilustrasi sperma Ilustrasi sperma. (Foto: iStock)
Jakarta -

Ada banyak cara alami untuk meningkatkan kesuburan pada pria. Mulai dari konsumsi makanan yang meningkatkan jumlah sperma, konsumsi suplemen, maupun mengubah gaya hidup.

Bagi pasutri yang ingin memiliki anak, jumlah sperma yang berkualitas sangat penting untuk memperbesar peluang kehamilan. Spesialis fertilitas Zita West mengatakan jika pria memiliki jumlah sperma yang rendah, ada beberapa cara untuk membantu meningkatkan motilitasnya.

Dikutip dari Mother and Baby, berikut cara yang bisa dilakukan dan makanan jenis apa saja yang bisa tingkatkan jumlah sperma.

Ubah Gaya Hidup

1. Berhenti merokok

Bagi pria yang terbiasa merokok, kebiasaan itu bisa memengaruhi jumlah sperma yang diproduksi. Merokok terbukti mengurangi jumlah sperma sebanyak 23 persen.

"Merokok bisa menghilangkan nutrisi penting tubuh yang memproduksi sperma," ujar Zita.

2. Istirahat yang cukup

Pastikan suami mendapatkan waktu tidur yang cukup. Meskipun tidur tidak secara langsung berhubungan dengan jumlah sperma, namun waktu tidur yang berkualitas merupakan bagian penting untuk memastikan tubuh tetap sehat dalam memproduksi sperma.

3. Hindari obat-obatan tertentu

Diskusi dengan dokter untuk menghentikan konsumsi obat-obatan tertentu ketika merencanakan program kehamilan sangatlah penting. Beberapa obat dapat menurunkan produksi sperma yang sehat, di antaranya antibiotik, anti-androgen, antiinflamasi, antipsikotik, kortikosteriods, steriods anabolik, testosteron eksogen dan metadon.

Dalam beberapa kasus, setelah seseorang berhenti minum obat tersebut spermanya akan kembali normal atau meningkat. Tetapi pemeriksaan ke dokter tetap diperlukan.

4. Olahraga teratur

Olahraga teratur yang tidak terlalu berat akan membantu menurunkan berat badan guna menjaga kesehatan. Penelitian menemukan bahwa 95 persen pria obesitas yang berolahraga hingga berat badannya turun mengalami peningkatan jumlah sperma.

Makanan

1. Tiram

Tiram adalah salah satu sumber zinc terbaik yang membantu produksi sperma. Konsumsi 50 gram tiram per hari untuk meningkatkan jumlah sperma. Sumber zinc lainnya adalah kalkun, biji labu, lobster, dan kerang.

2. Cokelat hitam

Cokelat hitam mengandung asam amino yang telah terbukti meningkatkan volume sperma dan air mani. Selain itu, cokelat hitam kaya akan antioksidan yang bisa melawan radikal bebas, molekul kecil jahat dalam polusi yang bisa mengganggu infertilitas pria.

3. Bawang putih

Bawang putih mengandung allicin yang bisa meningkatkan aliran darah ke organ seksual dan melindungi sperma dari kerusakan. Bawang putih juga mengandung selenium, yaitu antioksidan yang bisa meningkatkan motilitas sperma.

Konsumsi bawang putih mentah satu hingga dua siung sehari atau masukan ke dalam olahan masakan agar lebih nikmat.

4. Pisang

Pisang dikenal dapat meningkatkan libido pria dan mengatur hormon seks karena enzim yang disebut bromelain. Pisang juga kaya akan vitamin C, vitamin A, dan vitamin B1 yang meningkatkan kemampuan untuk memproduksi sperma berkualitas.



Simak Video "Infeksi Corona Disebut Berpotensi Bikin Mandul"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)