Kamis, 24 Des 2020 21:00 WIB

Ibu-ibu Sedang Tak Bergairah Bercinta? Coba Atasi dengan 5 Cara Ini

Kanya Anindita - detikHealth
Fashion portrait of young elegant woman in bed Cara meningkatkan gairah seksual. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Jika sedang merasa gairah seks menurun, tidak perlu merasa khawatir dan cemas berlebihan. Menurut penelitian tahun 2013, 43 persen wanita mengalami libido rendah, sementara sekitar 10 persen mengalami gangguan hasrat seksual hipoaktif (HSDD), atau kurangnya minat pada seks.

Biasanya libido rendah disebabkan oleh stres dan kondisi fisik yang lelah. Maka dari itu, cobalah untuk berkomunikasi dengan pasangan agar bisa menemukan solusi.

Dikutip dari Prevention, berikut 5 tips yang bisa dicoba ibu-ibu untuk meningkatkan gairah seks:

1. Melakukan meditasi

Memfokuskan pikiran lewat meditasi dapat meningkatkan gairah seks pada wanita. Meditasi juga menurunkan risiko stres yang dapat menyebabkan libido menjadi rendah. Cobalah meditasi selama 15 hingga 20 menit sehari untuk memulai.

2. Luangkan waktu untuk foreplay

Foreplay atau pemanasan sebelum bercinta selama 15 hingga 20 menit sangat penting untuk membangun gairah seks dengan pasangan. Mulai dari berciuman dan menyentuh pasangan, hasrat untuk berhubungan seks akan semakin meningkat.

3. Coba posisi seks baru

Jika Anda merasa bosan dengan posisi seks yang sering dilakukan, coba berbicara dengan pasangan untuk mencoba posisi seks baru. Hal ini juga bisa membuat Anda lebih bersemangat untuk bercinta dan meningkatkan keintiman.

4. Rutin melakukan olahraga

Walaupun dilanda kesibukan, sempatkanlah waktu untuk olahraga secara rutin. Meskipun bukan gerakan-gerakan yang mengeluarkan banyak tenaga, setidaknya menggerakkan tubuh setiap hari dapat membuat tubuh menjadi rileks.

"Semua olahraga cocok untuk wanita yang ingin terlibat dalam aktivitas seksual dan hal itu dapat meningkatkan gairah seks," kata Leah Millheiser, MD, asisten profesor klinis kebidanan dan ginekologi di Stanford Medicine.

5. Konsultasikan dengan terapis seks

Meskipun Anda tidak sedang mengalami depresi atau rasa cemas berlebihan, ada baiknya menemui terapis seks jika libido rendah benar-benar mengganggu Anda dan pasangan. Seorang terapis dapat membantu Anda mendapat keintiman untuk berhubungan seks dengan pasangan.



Simak Video "Karantina Akibat Corona Pengaruhi Gairah Seks, Bagaimana Mengatasinya?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)