Kamis, 31 Des 2020 22:00 WIB

Deretan Cara Bercinta Khusus Pasutri yang Mau Tunda Kehamilan Rekomendasi Pakar

Farah Nabila - detikHealth
Eighteen plus, age limit, sign in neon style. Only for adults. Night bright neon sign, symbol 18 plus. Vector Illustration. Deretan cara bercinta untuk pasutri yang ingin menunda kehamilan. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/Soifer)
Jakarta -

Mencegah kehamilan biasanya sering dilakukan pasangan untuk mengatur jarak kelahiran anak-anaknya. Menurut Anate Brauer, MD, asisten profesor OBGYN di NYU School of Medicine, hanya ada periode 48 jam yang ideal untuk hamil.

Namun tentu saja setiap wanita berbeda, begitu pula dengan siklus bulanan atau waktu haid masing-masing. Jadi pernah menjadi ada kepastian untuk mengatakan ada minggu atau hari ke-berapa ketika wanita benar-benar tidak bisa hamil saat bercinta.

Dikutip dari Parents, berikut adalah cara bercinta rekomendasi ahli untuk yang mau tunda kehamilan.

1. Menggunakan kontrasepsi

Jika Anda menggunakan kontrasepsi, baik itu pil, cincin, implan, IUD, atau suntikan (Depo-Provera), peluang untuk hamil kurang dari 1 persen. "Kontrasepsi hormonal bekerja dengan mencegah perekrutan sel telur yang matang," jelas Dr Brauer.

Bahkan jika Anda berkomitmen untuk menggunakan KB, Anda tetap harus berhati-hati, karena paket pil tradisional biasanya berisi 4-7 hari pil gula yang tidak mengandung hormon, dan pada beberapa wanita 4-7 hari tanpa paparan untuk hormon mungkin cukup lama untuk memungkinkan perekrutan sel telur yang matang.

"Ini sering disebut sebagai 'escape ovulation' dan merupakan salah satu alasan kegagalan kontrasepsi hormonal oral," kata Dr Brauer.

2. Metode pull out

Metode kuno ini secara signifikan dapat mengurangi peluang untuk hamil. Metode ini dilakukan dengan pria menarik penis keluar dari vagina sebelum dia berejakulasi.

Namun metode ini tidak terlalu efektif karena ada fase pra-ejakulasi yaitu cairan tubuh yang dikeluarkan penis sebelum ejakulasi yang sebenarnya. Sedangkan pria sulit untuk memprediksi waktu pra-ejakulasi.

3. Gunakan kondom

Peluang hamil dengan penggunaan kondom adalah sekitar 15 persen. Tetapi, dengan penggunaan kondom yang sempurna setiap saat, peluang tersebut menurun menjadi 2 persen, menurut Planned Parenthood. Penggunaan yang benar berarti kondom digulung ke penis sebelum terjadi kontak antara alat kelamin dan kulit.

Namun, ada beberapa cara untuk membuat karet menjadi lebih efektif yaitu dengan memasangkan alat kontrasepsi lain, seperti IUD atau pil, atau gunakan bersama dengan metode pull out.

Adapun beberapa faktor lain yang membuat wanita kemungkinan kecil untuk hamil. Klik ke halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Selain Bikin Tak Bisa Ereksi, Kebiri Kimia Juga Ancam Nyawa Predator Seksual"
[Gambas:Video 20detik]
DMentor
×
Punya 11 Properti Dalam 2 Tahun
Punya 11 Properti Dalam 2 Tahun Selengkapnya