Jumat, 01 Jan 2021 18:23 WIB

Tak Bisa Asal-asalan, Ini 5 Pilihan Gaya Bercinta yang Aman Saat Hamil

Zintan Prihatini - detikHealth
Couples problems in the bed Posisi seks (Foto: Getty Images/iStockphoto/gpointstudio)
Jakarta -

Bagi pasutri, kehamilan merupakan momen yang sangat ditunggu setelah pernikahan. Saat hamil banyak perubahan pada tubuh, kehidupan, dan hubungan termasuk seks.

Meski aman, banyak pasangan yang masih khawatir akan terjadi sesuatu kepada bayi mereka saat berhubungan seks. Kabar baiknya adalah ada beberapa posisi seks yang aman dan bisa dicoba selama masa kehamilan.

"Saya menemukan bahwa sebagian besar klien mengalami beberapa perubahan, tetapi itu tidak berarti bahwa seks tidak akan dibahas," ujar psikolog sekaligus terapis seks di Calgary Mary-Jean Malyszka.

Ia menjelaskan selama trimester pertama, sering terjadi morning sickness dan kelelahan yang menurunkan suasana hati. Hal itu normal dirasakan para wanita.

Pada trimester kedua, perubahan hormonal dapat mendorong energi dan libido.

"Ada lebih banyak aliran darah ke alat kelamin, dan bagi sebagian wanita itu bisa membuat seks terasa lebih menyenangkan," jelasnya.

Saat perut membesar, kamu perlu menggunakan posisi yang sesuai dengan posisi seks kehamilan di sekitar perut dan menopang berat badan. Setelah minggu ke 20, wanita disarankan untuk tidak melakukan posisi seks selama kehamilan yang membuat tubuh terlentang selama lebih dari beberapa menit karena rahim dapat memberi terlalu banyak tekanan pada vena cava, yang membawa darah kembali ke jantung dari bagian bawah tubuh.

Dikutip dari Today's Parent, ini lima pilihan posisi seks yang aman saat hamil.

1. Woman on top

Posisi seks kehamilan ini sangat klasik, dengan duduk dan mengangkangi pasangan, kamu dapat mengontrol kecepatan dan kemampuan untuk bergerak untuk menemukan posisi terbaik. Jika memungkinkan, letakkan tangan atau lengan di atas kepala tempat tidur untuk membantu menopang berat badan.

2. Rear entry

Posisikan diri seperti merangkak, gunakan bantal untuk menopang tubuh agar nyaman, dan mintalah pasangan 'masuk' dari belakang. Posisi seks ini memungkinkan penetrasi yang lebih dalam, dan mungkin akan ada beberapa bercak setelah berhubungan seks selama kehamilan, terutama menjelang akhir trimester ketiga, saat leher rahim mulai melunak.

"Bercak darah itu normal, tetapi tanyakan kepada perawat Anda jika khawatir," kata Malyszka.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Apakah Rekam Video Seks Diri Sendiri Termasuk Gangguan Jiwa?"
[Gambas:Video 20detik]