Rabu, 17 Feb 2021 20:20 WIB

6 Manfaat Sehat Rutin Bercinta, Cegah Kanker Prostat dan Bikin Glowing

Ardela Nabila - detikHealth
Handsome man in white T-shirt carrying young attractive woman while spending free time at home. Loving young hipster couple relaxing at home and kissing. View from another room through the doorway Manfaat rutin bercinta (Foto: Getty Images/iStockphoto/dragana991)
Jakarta -

Bercinta memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti meningkatkan mood, mengurangi risiko terkena kanker dan penyakit jantung, serta membuat kulit sehat.

"Telah banyak studi yang menjelaskan berbagai manfaat kesehatan dari seks," ujar Sandra L. Caron, PhD, seorang terapis seks sekaligus profesor hubungan keluarga dan seksualitas manusia asal University of Maine's College of Education and Human Development di Orono.

Caron turut mengatakan bahwa manfaat bercinta tidak hanya dapat dirasakan bagi orang yang memiliki pasangan. Ia kemudian menjelaskan bahwa self-pleasuring atau membuat diri sendiri puas juga memiliki manfaat yang sama, khususnya bagi mereka yang mudah mencapai orgasme.

Dikutip dari laman Everyday Health, berikut 6 manfaat berhubungan intim bagi kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Seperti aktivitas fisik lainnya, seks sehat juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan jantung. Berdasarkan sebuah studi yang dipublikasikan pada Januari 2015 di American Journal of Cardiology, pria yang bercinta sebanyak 2 kali setiap minggunya memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular, seperti struk atau serangan jantung, dibanding dengan mereka yang hanya bercinta sebanyak satu kali dalam sebulan.

Selain itu, sebuah studi yang diunggah di Journal PloS One pada 2013 menyatakan bercinta juga dianggap sebagai bentuk olahraga yang disarankan. Sebab, pria dapat membakar sebanyak rata-rata 4 kalori per menit selama berhubungan intim.

2. Pereda nyeri

Menatap pasangan atau foto pasangan ternyata dapat meredakan rasa sakit. Dalam sebuah studi yang dipublikasikan pada PloS One, anestesiologi menemukan bahwa melihat foto pasangan dapat secara signifikan mengurangi rasa sakit. Studi lain menemukan bahwa merasakan orgasme juga dapat meredakan rasa nyeri yang disebabkan oleh keram saat menstruasi.

3. Pereda stres

Seks dapat meredakan stres melalui peningkatan hormon endorfin dan hormon lainnya yang dapat membuat mood menjadi lebih baik. Sebagai bentuk olahraga, seks juga dapat membuatmu merasa tenang. Selain itu, studi pada jurnal Biological Psychology menemukan bahwa aktivitas seksual dapat menurunkan tekanan darah saat terjadi hal yang membuatmu merasa stres. Tak hanya dapat dirasakan oleh orang yang melakukan seks melalui penetrasi, manfaat yang satu ini juga dapat dirasakan melalui masturbasi.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Apakah Rekam Video Seks Diri Sendiri Termasuk Gangguan Jiwa?"
[Gambas:Video 20detik]