Sabtu, 24 Apr 2021 20:00 WIB

Tak Banyak Orang Tahu, Ini 5 Manfaat Masturbasi Bagi Kesehatan

Ardela Nabila - detikHealth
ilustrasi masturbasi 5 manfaat masturbasi yang perlu diketahui. (Foto ilustrasi: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Masturbasi atau solo seks merupakan salah satu hal yang sering kali enggan untuk dibicarakan. Namun, ternyata sebanyak 95 persen pria dan 89 persen wanita melakukannya secara rutin.

Sama seperti berhubungan seks melalui penetrasi, masturbasi juga bisa memberikan kepuasan hingga mencapai orgasme. Dikutip dari laman Times of India, berikut 5 manfaat masturbasi bagi kesehatan yang harus diketahui.

1. Lebih mudah mencapai klimaks saat bercinta

Orgasme wanita merupakan suatu hal yang kompleks. Sementara itu pada pria, orgasme biasanya bisa dicapai dengan ejakulasi. Wanita yang rutin melakukan masturbasi diketahui akan lebih mudah mencapai klimaks saat bercinta dengan pasangannya.

2. Mengatasi disfungsi seksual

Bagi pria dan wanita yang menderita disfungsi seksual, masturbasi dapat dijadikan sebagai cara untuk mengatasi ejakulasi dini. Pria bisa memanfaatkan masturbasi untuk belajar cara mengontrol ejakulasinya.

3. Meningkatkan kualitas tidur

Selama klimaks seksual, hormon dopamine atau hormon yang membuat seseorang merasa bahagia akan dilepaskan. Setelah klimaks, hormon oksitosin dan endorfin kemudian akan dilepaskan. Kedua hormon tersebut bisa meningkatkan kualitas tidur. Oleh sebab itu, setelah melewatkan hari yang melelahkan, kamu bisa mencoba masturbasi untuk mencegah insomnia.

4. Meningkatkan imunitas tubuh

Ejakulasi yang terjadi saat masturbasi dapat meningkatkan kadar kortisol. Kortisol dapat meningkatkan regulasi dan menjaga imunitas tubuh dalam dosis yang sedikit. Dengan demikian, masturbasi tak hanya membuat puas, tetapi juga memperkuat imunitas.

5. Mencegah infeksi serviks dan infeksi saluran kemih

Diketahui, rutin masturbasi bisa mengurangi risiko kanker prostat pada pria. Ternyata, terdapat pula studi yang menunjukkan bahwa masturbasi bisa melindungi wanita dari infeksi serviks. Hal ini disebabkan oleh serviks yang akan terbuka saat wanita mencapai orgasme.



Simak Video "Aman Nggak Kalau Masturbasi Keseringan?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)