Rabu, 19 Mei 2021 19:31 WIB

6 Cara Rawat Miss V Biar Sehat dan Bebas Keputihan

Ardela Nabila - detikHealth
Woman with Hands Holding her Crotch Ilustrasi. Foto: iStock
Jakarta -

Miss V atau vagina merupakan salah satu area yang harus dirawat dengan baik agar kesehatannya tetap terjaga. Selain itu, merawat vagina dengan benar juga bisa mencegah munculnya bau tidak sedap pada area genital.

Meski setiap wanita memiliki bau vagina yang berbeda-beda, tak jarang pula vagina tiba-tiba menimbulkan bau tidak sedap yang menyebabkan rasa tidak nyaman. Terdapat banyak faktor yang bisa mempengaruhi kesehatan dan munculnya bau tak sedap pada vagina.

Beberapa di antaranya adalah bahan pakaian yang dipakai, diet, dan seberapa terhidrasinya tubuh masing-masing wanita. Oleh sebab itu, penting untuk menjaga kebersihan vagina dan merawatnya dengan benar agar vagina terhindar dari bau tidak sedap.

Dikutip dari laman Healthy Woman, berikut 6 cara merawat vagina agar tetap sehat dan 'wangi'.

1. Menjaga vagina agar tetap kering

Memilih bahan celana dalam yang dipakai merupakan salah satu cara menjaga agar vagina tetap kering. Celana dalam berbahan katun merupakan jenis bahan terbaik untuk menjaga area vagina agar tetap kering.

Pasalnya, katun memberikan kebebasan bagi vagina untuk bernapas. Dengan demikian, vagina bisa terhindar dari iritasi, pertumbuhan bakteri dan jamur, serta infeksi.

2. Jangan membersihkan vagina dengan sabun

Vagina bisa membersihkan dirinya sendiri. Vagina akan secara alami membersihkan dirinya sendiri dengan mengeluarkan lendir berwarna putih untuk membantu menghilangkan kuman dan bakteri dari dalam tubuh.

Penggunaan sabun dengan wewangian atau pembersih area kewanitaan justru bisa mengganggu tingkat keasaman atau pH pada area vagina. Oleh sebab itu, sebaiknya hanya gunakan air dan sabun tanpa wewangian untuk membersihkan area vulva. Hindari membersihkan bagian dalam vagina.

3. Menjaga pola makan

Menjaga pola makan agar tetap sehat bisa membantu vagina agar tetap sehat. Makanan seperti yogurt bisa menyediakan bakteri baik yang bisa menjaga kesehatan vagina. Apabila vagina sehat, maka vagina akan terhindar dari berbagai infeksi yang bisa menimbulkan bau tidak sedap.

4. Jangan gunakan handuk yang sama setiap mengeringkan vagina

Menjaga vagina agar tetap kering memang penting dilakukan. Namun, sebaiknya hindari menggunakan handuk atau kain lap yang sama untuk mengeringkan area vagina usai buang air. Sebab, bakteri lebih rentan menempel pada handuk atau kain tersebut. Akibatnya, vagina berisiko terkena infeksi. Sebaiknya gunakan tisu untuk mengeringkannya.

5. Gunakan alat kontrasepsi

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, menggunakan kondom berbahan lateks saat bercinta bisa mengurangi risiko terkena penyakit menular seksual. Saat menggunakan alat kontrasepsi ini, pastikan sudah memakainya dengan benar agar efektif menjaga kebersihan vagina.

6. Jaga kebersihan

Saat mengeringkan vagina usai buang air, cara yang benar untuk mengelapnya adalah dengan mengusap dari arah depan ke belakang. Hal ini dilakukan untuk mencegah bakteri masuk ke dalam vagina. Apabila sedang menstruasi, ganti pembalut dengan rutin.



Simak Video "Bukan Tren, Peremajaan Miss V Itu Kebutuhan!"
[Gambas:Video 20detik]
(Ardela Nabila/naf)